Makassar, 26/11 (ANTARA) - Komisi Disiplin PSSI memberi keringanan sanksi terhadap PSM Makassar pada pertandingan Copa Indonesia 2008 dengan tetap menggelar pertandingan kandang melawan Mitra Kukar di stadion Andi Mattalatta Makassar pada 29 November 2008.

Menurut Sekretaris Tim PSM Jeffery Thimbo di Makassar, Rabu, Komdis menjatuhkan sanksi partai usiran tanpa penonton, menyusul insiden pemukulan wasit Sutiyono pada saat PSM menghadapi Persija Jakarta di piala Copa 2007 di Makassar.

Meski hukuman itu telah ditetapkan tahun lalu, namun baru sekarang dilaksanakan karena PSM gagal melangkah ke babak berikutnya setelah kalah agregat gol dengan Persija, sehingga sanksi itu baru diberikan saat ini, katanya.

Ia menambahkan, dengan insiden pemukulan wasit tersebut, maka Komdis menjatuhkan sanksi tiga partai usiran tanpa penonton, termasuk salah satu di antaranya pada partai perdana Piala Copa 2008 melawan Mitra Kukar Kaltim.

Keringanan sanksi partai usiran tersebut, menurut Jeffry, setelah melalui perjuangan panjang dan cukup berat, namun Komdis akhirnya melunak setelah manajemen memberi beberapa pertimbangan termasuk kondisi krisis finansial yang dialami PSM agar laga pertama tetap di gelar di Makassar.

Manajer PSM Ishlah Idrus mengatakan, jika sanksi partai usiran berikutnya diberlakukan Komdis, maka pihaknya memilih kota Samarinda sebagai tempat pertandingan karena setelah menang melawan Mitra Kukar, lawan berikutnya adalah Persiba Balikpapan.

Sementara itu, pelatih Raja Isa mengatakan, persiapan tim menghadapi Mitra Kukar mengalami kendala karena hingga saat ini belum terbentuk tim, setelah beberapa pemain memilih hengkang, menyusul langkah rasionalisasi manajemen PSM yang akan memangkas gaji pemain 50 persen mulai November 2008 hingga putaran kedua Piala Super 2009 berkahir.

Meski belum ada kepastian jumlah pemain yang bertahan, tetapi persiapan tetap dilaksanakan menjelang pertandingan melawan Mitra Kukar dengan menurunkan pemain yang tetap setia bersama PSM Makassar, ujar asisten manajer bidang teknik PSM Yopie Lumuindong. ***1***
(T.S016)
(T.S016/B/S005/S005) 26-11-2008 20:41:40

Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024