Makassar (ANTARA Sulsel) - Wakil Wali Kota Makassar Dr Syamsu Rizal MI berharap Sulawesi Selatan, khususnya Makassar akan dikenal sebagai salah satu kota dengan sumber daya alam seperti batu mulia dan akik yang sekarang lagi digandrungi oleh semua kalangan.

"Sekarang ini zaman kembali pada batu-batuan, tetapi beda dengan zaman batu. Batu yang kita maksudkan ini adalah batu permata dan batu akik yang menjadi nilai lebih bagi masyarakat dalam mengembangkan ekonomi," ujarnya saat membuka Pameran Gemstone di loby Grand Clarion Makassar, Kamis.

Syamsu Rizal mengatakan, tingginya minat masyarakat akan berbagai ragam batu akik dan batu mulia yang menjadi potensi bagi Sulawesi Selatan ini diharapkan memberikan nilai tambah bagi masyarakat.

Dalam sambutannya, Deng lcal, sapaan akrab Syamsu, menyampaikan apresiasi Pemerintah Kota Makassar atas upaya yang dilakukan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.

Dengan mengoptimalkan potensi bebatuan yang dimiliki oleh Sulawesi Selatan, memperkenalkannya sebagai daerah yang kaya akan berbagai jenis batu yang sangat menarik menjadi tanggungjawab bersama.

"Hal ini dapat menumbuhkan pencitraan Sulsel sebagai sentra batu akik dan batu mulia yang memberikan banyak manfaat. Bukan cuma potensi batu, tetapi banyak hal. Yang terpenting, datang saja dulu ke Makassar, selanjutnya menjajaki potensi lainnya," tambahnya.

Sementara itu, ketua panitia pelaksana, Fahri mengungkapkan kegiatan ini diikuti 60 stand dari berbagai daerah, bahkan peserta dari Papua juga turut serta meramaikannya.

Dengan mengusung tema "Bersama Kita Bangun Ekonomi Rakyat Yang Mandiri", para pecinta dan pengusaha batu mulia dan akik ini berharap besar jika sentra perekonomian akan dilirik pelancong.

"Ada beberapa rangkaian kegiatan seperti pameran dan transaksi jual beli serta perlombaan kontes batu. Di sini ada banyak jenis batu salah satunya batu sisik naga dan batu bermotif lainnya," jelasnya. FC Kuen

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor :
Copyright © ANTARA 2024