Makassar (ANTARA Sulsel) - sebanyak 60 guru perwakilan se-Sulsel ikut pelatihan jurnalistik di Gedung LPMP Sulsel di Makassar.

"Sehari sebelumnya, Sabtu (18/4), peserta yang juga pengurus Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) kabupaten dan kota se-Sulsel mengikuti rapat koordinasi dengan Ketua PGRI Sulsel, Prof Dr HM Wasir Thalib, MS serta para pengurus lainnya," kata Wakil Sekretaris III PGRI Sulsel Yasmain Gasba di Makassar, Minggu.

Dia mengatakan, pelatihan itu merupakan salah satu realisasi program kerja pengurus PGRI Sulsel. Hasil akhir dari pelatihan, PGRI Sulsel akan melakukan pembenahan penerbitan media internal "Gema Guru" yang sudah terbit beberapa tahun lalu.

Lewat pelatihan, tegas Yasmin yang juga magister pendidikan lingkungan hidup, PPS-UNM ini lepasannya akan menjadi pengelola dan pencari informasi untuk media internal tersebut.

PGRI di bawah kepemimpinan Prof Wasir Thalib, bertekad membenahi penerbitan dari segi manajemen pengelolaan redaksi serta distribusi untuk anggota PGRI yang menyebar di seluruh pelosok wilayah Sulsel.

Adapun Nara sumber dalam pelatihan di antaranya Redaktur Pelaksana Majalah CERDAS Kopertis IX Sulawesi, Drs.Moh Yahya Mustafa, M.Si dengan materi, teknik mencari dan menulis berita serta salah seorang redaktur Harian Ujungpandang Ekspres Makassar, Muhammad Arafah, SH,MH dengan materi, mengelola penerbitan harian dan majalah dinding.

Kedua nara sumber yang juga praktisi media dan akademisi ini, membagi pengalaman dalam mencari, menulis da mengedit serta mengelola media internal.

Kehadiran media internal Gema Guru tambah Mustafa, sangat didambakan para guru se-Sulsel. Selain menjadi ajang silaturrahim sekaligus menjadi wadah untuk belajar menulis dan mengemukakan ide dan pemikiran lewat tulisan.

Sementara pembenahan majalah internal PGRI itu, secepatnya dilakukan dengan kehadiran lepasan pelatihan jurnalistik. Kualitas sajian semakin ditingkatkan serta distribusi semakin meluas se kalangan guru guru se-Sulsel.
Nurul H

Pewarta : Suriani Mappong
Editor :
Copyright © ANTARA 2024