Mamuju (ANTARA Sulbar) - Puluhan pemuda di Kabupaten Mamuju Sulawesi Barat mengikuti pelatihan kewirausahaan dalam mendukung lahirnya wirausahawan baru di daerah itu.

Kegiatan pelatihan wirausaha pemuda ini dilaksanakan Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan dengan menggandeng LSM Lembar Sulbar yang dilaksanakan di salah satu hotel di Mamuju, Jumat.

Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kabupaten Mamuju, Hj. Hasnawati Wahid dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan pelatihan kewirausahaan ini merupakan salah satu program kerja yang dituangkan dalam APBD tahun 2015.

"Program ini tentu kita harapkan bisa membangun karakter dan budaya wirausaha baru dikalangan pemuda serta upaya menaggulangi tingkat pengangguran bagi pemuda," katanya.

Bukan hanya itu kata dia, pelatihan wirsausaha ini juga strategi untuk membuka peluang usaha dan kesempatan kerja bagi pemuda yang ada di Mamuju.

"Kami yakin pelatihan wirausaha ini akan ikut mengembangkan ekonomi berdaya saing serta ikut mengubah sikap dan budaya pencari kerja menjadi pencipta lapangan kerja," kata Hasnawati.

Ia mengatakan, kegiatan pelatihan ini jelas akan mampu mengurangi beban pemerintah terhadap ancaman meningkatnya angka pengangguran.

"Peran pemuda sangat diharapkan bisa menciptakan lapangan kerja yang kreatif dan mandiri. Kita tidak inginkan, keberadaan pemuda malah menjadi beban bagi pemerintah. Kami sangat yakin, kegiatan ini akan bernilai positif," ucap Hasnawati.

Sementara itu LSM Lembar Sulbar, Mulyadi menyampaikan, kegiatan pelatihan ini tentu bernilai positif dalam mengembangkan kreatifitas pemuda yang berdaya saing.

"Pemuda harus dibekali dengan ilmu pengetahuan yang memadai. Kami inginkan, lewat kegiatan ini akan mampu menginspirasi pemuda untuk terus berkarya dimasa depan," jelas Mulyadi.  Agus Setiawan

Pewarta : Aco Ahmad
Editor :
Copyright © ANTARA 2024