Makassar (ANTARA Sulsel) - Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Perindo Sulawesi Selatan Sanusi Ramadhan menyambut baik langkah yang diambil Ketua Umumnya Hary Tanoesoedibjo yang mengutamakan pembentukan Periondo Sulsel.

"Ini adalah langkah yang nyata dan serius sekaligus kabar gembira karena Pak Ketua mengutamakan pembentukan Perindo Sulsel. Kita juga saat ini masih melakukan verifikasi internal mengenai kelengkapan partai di daerah," ujarnya di Makassar, Minggu.

Sanusi Ramadhan mengatakan, usai verifikasi internal disetiap daerah akan menyusul penyerahan mandat kepada 24 pimpinan partai di kabupaten dan kota.

Perindo Sulsel akan turun langsung mengecek kebenaran data struktur maupun sekretariat di setiap daerah, agar verifikasi oleh KPU nantinya berjalan lancar.

Sanusi optimistis kepengurusan Perindo hingga tingkat kecamatan dan kelurahan bakal rampung pada Mei mendatang. Sehingga, pelantikan setiap pengurus dari tingkat atas hingga bawah dapat dilakukan secara serentak.

"Kita yakin Perindo akan mendapatkan tempat di hati masyarakat meski baru dideklarasikan tahun ini. Orang akan tertarik pada prinsip partai ini, yakni persatuan dan anti diskriminasi," kata dia.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Hary Tanoesoedibjo menyatakan bahwa Sulawesi Selatan termasuk salah satu daerah yang diutamakan dalam pembentukan alat kelengkapan partai. Diharapkan, proses perampungan struktur Perindo di Sulsel berjalan maksimal sehingga bisa menjadi percontohan bagi daerah lain di Indonesia.

"Sulsel provinsi utama yang akan kami perhatikan," kata HT usai menggelar rapat koordinasi dengan pengurus Dewan Pimpinan Wilayah Perindo Sulsel di Makassar, Sabtu (25/4).

Alasan utama menempatkan Sulsel sebagai prioritas adalah potensinya yang lebih besar dibanding daerah lainnya. Sulsel disebutnya salah satu provinsi besar di Indonesia di luar pulau Jawa, setelah Sumatera Utara.

Hary menjelaskan bahwa Perindo sedang fokus mempersiapkan struktur partai agar dapat lolos verifikasi di Komisi Pemilihan Umum. Pembentukan DPW jadi prioritas pada paruh pertama 2015.

Setelah itu, mereka dapat mengupayakan perampungan struktur di tingkat bawah. Sehingga akhir tahun ini, diharapkan, Perindo bisa berdiri hingga ke tingkat RT dan RW.

Hary menyebutkan bahwa DPW Perindo Sulsel termasuk yang paling baik kinerjanya dalam mengupayakan perampungan struktur. Pada Maret lalu, sebanyak 24 struktur DPD di tingkat kabupaten/kota telah terbentuk.

Selanjutnya, para pengurus akan dilantik. Sehingga menurutnya, tidak salah jika daerah ini disebut sebagai percontohan. Pengurus Perindo di daerah lain diharap dapat menjadikannya teladan.

Menurut Hary, verifikasi hanya salah satu target partainya. Target lain yang tidak kalah penting adalah meningkatkan elektabilitas Perindo di masyarakat.

Sekarang ini, disebutnya sebagai momentum yang paling pas, sebab masyarakat dipandang cenderung kurang puas dengan perkembangan politik yang ada.

"Kader harus memanfaatkan momentum ini. Banyak masalah di masyarakat. Baik ekonomi maupun lainnya. Ini yang bisa menyebakan mereka berpaling memilih Perindo sebagai harapan baru," sebutnya. Agus Setiawan

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024