Mamuju (ANTARA Sulbar)- Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) melakukan uji kelayakan tiga kandidat bakal calon Bupati Mamuju yang maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, pada akhir Desember 2015.

"PKB Mamuju telah melakukan uji kelayakan sebanyak tiga bakal calon Bupati yang akan maju menjadi kandidat calon Bupati Mamuju, untuk mengetahui komitmen para kandidat dalam membangun Mamuju kedepan agar maju dan berkembang," kata Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) PKB Mamuju Bakri Bestari di Mamuju, Senin.

Ia mengatakan tiga calon Bupati Mamuju yang diuji tersebut di antaranya, Bustamin Bausat yang masih menjabat sebagai Wakil Bupati Mamuju, Ahmad Appa yang menjabat sebagai Kepala Biro Umum Pemprov Sulbar dan Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Amanat Nasional Abdul Jawas Gani.

Menurut dia, setelah diuji nama para kandidat yang akan diusung PKB Mamuju maju di Pilkada Mamuju itu akan direkomendasikan ke Dewan Pimpinan Pusat PKB agar diberikan rekomendasi dukungan.

"DPP PKB yang akan memutuskan siapa diantara calon tersebut yang akan diusung maju di Pilkada Mamuju," katanya.

Sebelumnya, kata dia, desk penjaringan bakal calon bupati yang dilaksanakan PKB telah resmi ditutup terdapat lima nama calon bupati serta satu nama calon wakil bupati yang telah resmi terdaftar di desk Pilkada DPC PKB Mamuju diantaranya Ahmad Appa, Bustamin Bausat, Abdul Jawas Gani, Irwan Pababari dan Tri Sulkarnain.

"Namun yang dilakukan uji kelayakan hanya tiga kandidat diatas," katanya.

Sementara itu, partai pemenang Pemilu di Mamuju, yakni Partai Demokrat telah menetapkan Sekertaris Daerah Mamuju Habsi Wakil sebagai kandidat calon Bupati Mamuju.

Direktur Eksekutif DPD Partai Demokrat Sulbar Abdul Wahab mengatakan keputusan itu diambil setelah Demokrat Sulbar melakukan rapat pemaparan hasil survei tahap pertama dengan memanfaatkan Jaringan Survei Indonesia (JSI).

"Pengurus DPD Demokrat telah melaksanakan rapat terkait pemaparan survei JSI. Setelah dikaji, dievaluasi, maka hasilnya menetapkan secara resmi Habsi Wahid MM, sebagai calon Bupati Mamuju di Pilkada 2015 yang akan diusung Partai Demokrat," katanya. Farochah

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor :
Copyright © ANTARA 2024