Bantaeng, Sulsel (ANTARA Sulsel) - Sebanyak 500 orang calon tenaga kerja untuk industri nikel di Kabupaten Bantaeng mengikuti seleksi yang diselenggarakan PT Huady Nickel Alloy Indonesia.

Pelaksanaan seleksi tertulis dan wawancara yang diselenggarakan Forum Komunikasi HR Sulsel bersama manajemen perusahaan itu dipantau langsung Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bantaeng Syahrul Bayan di Gedung Kartini Bantaeng, Senin.

Pelaksanaan seleksi itu sendiri disesuaikan Standar Progressive Matrices (SPM). Untuk mengefektifkan pelaksanaan seleksi, panitia membagi dalam dua sesi. Sesi I berjumlah 280 orang dan sesi II sebanyak 218 orang peserta.

Kadis Sosnakertrans Syahrul Bayan mengatakan kegiatan ini merupakan momentum III.

Momentum I ditandai pencanangkan Gerakan Penanggulangan Pengangguran yang dilakukan Bupati Bantaeng HM Nurdin Abdullah di Balai Kartini Bantaeng pada 1 Agustus 2014.

Momentum II dilakukan dalam bentuk Bantaeng Job Fair oleh Perusda Bajiminasa Bantaeng bersama PT Tamesti Paliksa Sejahtera, PT Matata Citra Utama dan PT Borneo Elang Security di Pantai Seruni Bantaeng pada 24/25 Januari 2015.

"Senin ini merupakan momentum III. Ini adalah bukti keseriusan Pemerintah Kabupaten Bantaeng melalui Dinas Sosnakertrans yang memfasilitasi test SPM dan Interview bersama Tim Seleksi Huady Nickel Alloy Indonesia," katanya.

Dia berharap kegiatan ini menjadi titik awal kebangkitan pembangunan ketenagakerjaan di Bantaeng, yaitu mempersiapkan calon tenaga kerja terampil yang akan segera mengikuti pelatihan awal di BLKI Makassar dilanjutkan magang di Tiongkok sekitar bulan Juni - Juli 2015 yang di fasilitasi pihak perusahaan. Budi Suyanto

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024