Mamuju (ANTARA Sulbar) - Komisi VIII DPR-RI menyampaikan keberhasilannya atas upaya menurunkan biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) pada 2015 kepada masyarakat dan pemerintah di Provinsi Sulawesi Barat.

"Salah satu kebanggaan kami sebagai wakil rakyat di Senayan adalah berhasil menurunkan BPIH sehingga masyarakat akan menurun bebannya untuk dapat menunaikan ibadah haji ditanah suci," kata Wakil Ketua Komisi VIII DPR-RI Dr Deding Ishak SH MH di Mamuju, Selasa.

Deding Ishak dari Fraksi Golkar memimpin rombongan kunjungan kerja Komisi VIII di Sulbar diantaranya, Ledia Hanifa Amalia S,Si, MPsi dan Fikri Faqih dari Fraksi FKS, Drs Samsu Niang MPd, Itet Tridjajati Sumanjanto dari Fraksi PDI Perjuangan,

Kemudian Endang Maria Astuti, Ruskati Ali Baal dari Fraksi Gerindra, Kuswiyanto dan Desy Ratnasari dari Fraksi PAN, selain itu Maman Imanul Haq dari Fraksi PKB dan KH Choirul Muna dari Partai Nasdem.

Deding Ishak mengatakan, sebelumnya ongkos naik haji senilai 2717 dollar amerika namun karena perjuangan komisi VIII DPR-RI maka ongkos naik haji turun 502 dollar atau menjadi Rp33,9 juta pada 2015.

"Ini juga salah satu hadiah kami kepada masyarakat Sulbar yang akan menunaikan ibadah haji karena BPIH tahun ini turun dari tahun sebelumnya," katanya.

Ia mengatakan, maskapai penerbangan Garuda Indonesia mau diajak bekerjasama dengan menurunkan harga tiket perjalanan haji sehingga BPIH menurun.

Ia menegaskan meskipun BPIH tahun ini mengalami penurunan namun tidak akan membuat pelayanan haji menurun kualitasnya bahkan akan terus dilakukan perbaikan.

"Pelayanan haji akan terus diutamakan meski BPIH turun, ini akan menjadi tugas kami meminta pemerintah terus memaksimalkan pelayanan haji," katanya. M Yusuf

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor :
Copyright © ANTARA 2024