Kupang (ANTARA Sulsel) - Prajurit TNI di lingkungan Korem 161/Wirasakti Kupang dan aparat kepolisian di lingkungan Polda Nusa Tenggara Timur menyumbang 250 kantong darah, dalam aksi donor darah bersama di Kupang, Rabu.

Komandan Detasemen Kesehatan Korem 161/Wirasakti Kupang, Letkol Ckm I Nyoman Suparman kepada wartawan mengatakan tujuan diadakannya aksi donor darah tersebut dalam rangka menyambut HUT ke-58 Kodam IX/Udayana pada 27 Mei 2015.

"Ada beberapa kegiatan yang telah kita lakukan antara lain bersama masyarakat Kota Kupang, menggelar aksi kebersihan dengan membersihkan pesisir pantai dan tempat-tempat wisata di Kupang serta memberikan pengobatan di puskemas-puskemas," katanya.

Kegiatan donor darah yang dilakukan di kawasan Mall Flobamora tersebut untuk menarik minat masyarakat agar mau mendonorkan darahnya untuk aksi-aksi kemanusiaan.

"Kami sengaja membuat kegiatan ini di sini agar bisa menarik lebih banyak masyarakat yang berkunjung ke Mall untuk bisa mendonorkan darahnya," tuturnya.

Ia menambahkan kegiatan donor darah tersebut tidak hanya dilakukan oleh Korem 161/Wirasakti Kupang, namun juga dilaksanakan oleh Korem lainnya di wilayah hukum Kodam IX/Udayana.

Sementara itu, Direktur Transfusi Darah PMI NTT Dokter Samson Ehe Teron mengatakan sumbangsih TNI dalam hal donor darah untuk aksi-aksi kemanusiaan, sungguh sangat luar biasa.

"Dalam setahun, prajurit TNI di NTT bisa menyumbangkan sampai 27 persen kantong darah dari kebutuhan darah di NTT yang dalam setahun mencapai 12.000 kantong," katanya.

Sehingga aksi donor darah yang dilakukan oleh TNI yang  bekerja sama dengan PMI NTT, menurut Samson Teron, sangat membantu pihaknya dalam mendistribusi darah bagi rumah sakit-rumah sakit di NTT yang membutuhkannya. L. Molan

Pewarta : Kornelis Kaha
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024