Makassar (ANTARA Sulsel) - Pengcab Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kota Makassar siap mengambil alih pelaksanaan kejuaraan antarpelajar se-Sulsel 2015 yang sebelumnya masuk program Pengprov FPTI Sulawesi Selatan.

Bendahara FPTI Sulsel, Armansyah di Makassar, Senin, mengatakan tidak masalah dan bahkan mengapresiasi keinginan FPTI Makassar untuk melaksanakan kejuaraan yang rencananya digelar pada September atau Oktober 2015 tersebut.

"Kita tidak keberatan dan justru mendukung keinginan FPTI Makassar. Kami memang berharap setiap pengcab bisa menggelar kejurda agar mendapaatkan bibit atlet yang bisa memperkuat Sulsel di ajang nasional," katanya.

Keputusan menyerahkan pelaksanaan kejuaraan antarpelajar se-Sulsel 2015, juga dikarenakan pihaknya sudah melaksanakan seleksi atlet untuk persiapan menghadapi babak kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2015.

Adapun seleksinya telah digelar di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan pekan lalu. Pihaknya saat ini masih melakukan rapat evalusi untuk menentukan 12 atlet yang dinilai layak masuk memperkuat tim pra-PON Sulsel.

Untuk kejuaraan yang akan memperebutkan piala Gubernur Sulsel itu, kata dia, akan mempertaningkan sejumlah kategori mulai antarpelajar sekolah dasar, SMP, SMU/SMK sederajat.

Berhubung pesertanya merupakan pelajar, menurut dia, maka pihaknya juga akan menyesuaikannya dengan jadwal pendidikan di sekolah. FPTI Sulsel berharap kegiatan yang bertujuan mencari bibit atlet potensial ini tidak mengganggu pendidikan dari atlet yang bersangkutan.

"Dari informasi Ketua FPTI Makassar (Munir Mangkana) dijadwalkan setelah bulan Ramadhan atau sebelum pra-PON yakni September-Oktober. Namun untuk kepastiannya masih akan melihat perkembangan ke depan," katanya.

Mengenai perkembangan dan pembinaan atlet panjat tebing di Sulsel, dirinya mengaku sudah berjalan sesuai yang diharapkan. Cabang olahraga panjat tebing juga mendapat respon positif dari masyarakat sehingga semakin berkembang.

Sejumlah daerah di Sulsel memiliki banyak atlet muda yang punya potensi. Makanya dengan kejuaraan ini diharapkan bisa menjadi wadah bagi atlet untuk membuktikan dan memperlihatkan kemampuannya.

Selain kejuaraan antarpelajar, FPTI Sulsel juga menyiapkan diri menghadapi kejuaraan nasional senior yang direncanakan di Jawa Barat 2015.

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024