Makassar (ANTARA Sulsel) - Wali Kota Makassar H Ramdhan Pomanto mengatakan, pihaknya siap melakukan Operasi Pasar pada sepekan Ramadhan apabila harga Sembako terus bergerak naik.

"Kami sudah siapkan OP untuk mengantisipasi kenaikan harga Sembako, namun dari hasil pantauan di lapangan harga masih cukup dalam batas toleransi," kata Ramdhan yang akrab disapa Danny di Makassar, Senin.

Menurut dia, harga beras yang merupakan pantauan Dinas Perdagangan dan Industri (Disperindag) masih relatif stabil, tidak ada lonjakan harga yang berarti.

Demikian pula dengan jenis Sembako lainnya, lanjut dia, masih cukup terkendali. Yang sedikit tinggi harganya hanya bawang merah dan cabai.

Berdasarkan infomasi yang dihimpun di Pasar Terong, Makassar diketahui, harga bawang merah dari Rp18 ribu per liter naik menjadi Rp25 ribu per liter.

"Kenaikan harga ini, karena dipicu persediaan yang tetap sedang permintaan meningkat," kata salah seorang pedagang Musdalifah di Pasar Terong, Makassar.

Sementara harga cabai juga mengalami kenaikan dari harga Rp10 ribu per liter menjadi 22 ribu per liter.

Menanggapi hal itu, Kadis Peindag Khairul Tallu Rachim mengatakan, masyarakat tidak perlu khawatir, karena pihaknya sudah mengantisipasi jauh-jauh hari sebelumnya dengan mempersiapkan OP, jika harga sudah tidak rasional.

"Jadi tidak perlu khawatir, karena Pemkot sudah mempersiapkan OP dan pasar murah pada Ramadhan nanti," ujarnya.

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024