Makassar (ANTARA Sulsel) - Sebanyak 12 atlet terbaik Sulawesi Selatan siap bersaing menjadi yang terbaik pada ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) cabang atletik di Lintasan GOR Sudiang Makassar, Sulsel, 2-8 Agustus 2015.

Pelatih Atletik Sulsel, Danil Lius di Makassar, Minggu, mengatakan 12 atlet yang terdiri dari dua putra dan putri (SD), SMP (dua putri dan putri) dan tingkat SMU yang juga akan diperkuat empat atlet.

"12 atlet yang akan memperkuat Sulsel merupakan para juara di O2SN tingkat provinsi se-Sulsel. Seluruh atlet juga terus dimatangkan kemampuannya agar bisa bersaing dan berprestasi di kejuaraan nanti," jelasnya.

Ia menjelaskan, baik Sulsel ataupun daerah lainnya memang hanya mendapatkan jatah yang sama yakni 12 atlet untuk seluruh tingkatan pendidikan. Artinya Sulsel sebagai tuan rumah tidak memiliki keistimewaan atau tambahan kuota atlet yang lebih banyak.

Keputusan membatasi setiap daerah hanya mewakilkan 12 atlet terbaiknya, kata dia, juga sebagai upaya untuk meningkatan persaingan diantara peserta. Jumlah kuota yang sama tentu menghindari dominasi dari satu kontingen tertentu.

Terkait peluang di O2SN, lanjut dia, adanya pembatasan kuota tentu akan membuat peluang setiap daerah untuk menjadi juara tetap berimbang. Status Sulsel sebagai tuan rumah juga diharapkan dapat berpengaruh positif bagi atlet pada saat tampil.

"Intinya baik Sulsel dan daerah lain masih memiliki peluang yang sama untuk berprestasi. Kami juga terus fokus memaksimalkan kemampuan atlet mengingat lawan yang dihadapi merupaka at;et terbaik di daerah masing-masing," katanya.

Untuk pelaksanaan O2SN cabang atletik, menurut dia, dibagi berdasarkan tingkatan pendidikan atau sekolah. Untuk tingkat SMU sendiri akan mempertandingan dua nomor yakni lari 100 meter putra dan putri serta nomor lompat jauh.

Sementara untuk tingkat SMP justru lebih banyak yang dipertandingkan seperti nomor lari 60 meter putra dan putri, lompat jauh, tolak peluru dan lempar lembing. Adapun untuk tingkat SD juga memperlombakan beberapa kategori modifikasi.

"Setiap daerah masih memiliki peluang yang sama untuk berprestasi. Kami hanya berharap dukungan masyarakat karena bertindak selaku tuan rumah dapat meningkatkan motivasi atlet sehingga mampu berprestasi," ujarnya.

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024