Makassar (ANTARA Sulsel)- Pengurus Provinsi Ikatan Sport Sepeda Indonesia Sulawesi selatan siap menggelar pemusatan latihan jangka panjang di Subang, Jawa Barat, untuk mematangkan dan meningkatkan kemampuan atlet sebelum berlaga di pra-PON 2015.

Wakil Ketua II ISSI Sulsel, Basri di Makassar, Rabu, mengatakan sengaja memilih berlatih di daerah itu karena memiliki karakter jalanan yang penuh tanjakan.

Selain itu tentu saja karena daerah tersebut juga akan menjadi lokasi babak kualifikasi PON 2015.

"Kami akan bertolak ke Subang untuk agenda pemusatan latihan usai lebaran. Untuk pemilihan lokasi, tentu saja karena karakternya yang cocok dan untuk pengenalan lokasi pra-PON nanti," jelasnya.

Untuk pelaksanaan pemusatan latihan tersebut, pihaknya akan melibatkan 10 atlet yakni Reza (Makassar), Wawan Ridwan (Makassar), Ramdana (Makassar), Guntur (Parepare), Rahmatul Asri, Syaiful (Kabupaten Bantaeng), dan Renoval Budi (Gowa) Muh Ikhsan (Bone), Sabil (Pangkep) serta Muchlis untuk nomor donwhill.

Tujuh nama awal merupakan pebalap untuk kategori road race. Sedangkan tiga sisanya merupakan pebalap untuk nomor downhill atau sepeda gunung.

Para atlet tersebut akan didampingi satu pelatih yakni Indrawadi dan Syahrir A Kumba yang bertindak sebagai mekanik.

"Kita tidak ingin atlet kaget ketika melihat kondisi lintasan lomba sehingga kita putuskan untuk menjalani TC. Soal peluang tentu maish terbuka meski kita masih menunggu perkembangan setelah TC nanti," katanya.

Pengprov ISSI Sulsel sebelumnya telah mengagendakan uji coba kesejumlah daerah di Sulsel sebagai upaya meningkatkan kemampuan seluruh atlet, sebelum ramadhan.

Adapun Sejumlah daerah yang menjadi tujuan tes kemampuan atlet diantaranya Kabupaten Bone, Luwu, Luwu Timur, Palopo dan Kabupaten Tanah Toraja.

Pemilihan daerah tersebut, menurut dia, karena memiliki karakter yang cocok. Kondisi jalan yang memiliki cukup banyak tanjakan dinilai bagus untuk meningkatkan kondisi fisik dan kemampuan seluruh atlet sebelum tampil di pra-PON.

Adapun rute tour daerah yang akan dilaksanakan Pengprov ISSI Sulsel, kata dia, dimulai dari Kabupaten Bone, Sulsel menuju Siwa, Belopa Kabupaten Luwu, Luwu Timur, Palopo, Tanah Toraja dan kembali ke Makassar.

"Pemusatan latihan memang kita perlukan agar bisa bersaing dan lolos ke PON 2016. Untuk peluang masing-masing atlet, kita tentunya masih akan melihat hasil dari TC nanti," ujarnya.

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024