Makassar (ANTARA Sulsel) - Dua pedayung asal Sulawesi Selatan yakni Dedi Irianto dan Syahrul Saputra sukses menyumbangkan medali emas bagi timnas perahu naga di ajang bertajuk "Macao International Dragon Boat Races 2015" di Macau, akhir Juni 2015.

Pelatih Dayung Sulsel Baso Akbar di Makassar, Jumat, mengatakan kedua atlet Sulsel bersama beberapa atlet lain dari beragai daerah di Tanah Air tampil menjadi yang terbaik pada nomor 12 kru pedayung.

"Kita bersyukur keduanya bisa ikut membantu mengangkat prestasi timnas di Macau. Kedua atlet kita sudah tiba dan kini kembali fokus menjalankan latihan di Jatiluhur," jelasnya.

Mengenai keberhasilan tim perahu naga meraih hasil maksimal, ia mengaku tidak terlalu mengejutkan sebab timnas perahu naga ini baru saja meraih hasil serupa pada ajang SEA Games 2015 di Singapura.

Khusus untuk dua atlet Sulsel, lanjut dia, keterlibatannya di sejumlah kejuaraan internasional diharapkan semakin menambah pengalaman dan meningkatkan kemampuan atlet sebelum memperkuat Sulsel di babak kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2015.

Pihaknya juga berharap pencapaian atlet Sulsel juga berimbas pada atlet yang lain untuk ikut berjuang dan bekerja keras demi bisa meraih hasil serupa.

"Baik Dedi ataupun Syahrul tentunya akan menjadi andalan kita di pra PON 2015 dan PON 2016. Kami juga berharap keduanya tetap fokus dan tidak cepat puas diri," katanya.

Selain Dedi dan Syahrul Saputra, atlet senior Sulsel yakni Anwar Tarra juga akan tampil memperkuat timnas pada kejuaraan dayung internasional di Milan, Italia, Agustus 2015.

Terkait pemanggilannya memperkuat timnas dayung, Anwar Tarra mengaku bersyukur. Dirinya juga berkomitmen mengeluarkan kemampuan terbaiknya demi memberikan prestasi maksimal bagi bangsa dan negara.

Mengenai berapa atlet yang akan mempekuat timnas di Italia, peraih medali perak SEA Games 2015 itu mengaku belum mengetahui. Namun demikian, tidak semua atlet yang sebelumnya memperkuat Indonesia di SEA Games 2015 yang akan dilibatkan.

Peraih 11 medali pada SEA Games 2013 itu menjelaskan atlet yang dipanggil nanti juga masih ada yang berstatus seleksi. Namun khusus dirinya telah mendapatkan jatah langsung untuk tampil pada ajang internasional tersebut.

"Memang rencananya tetap dilakukan seleksi sebelum menentukan komposisi atlet. Ajang ini sendiri merupakan salah satu syarat bagi atlet agar bisa turun di babak kualifikasi olimpiade 2015," kata peraih medali emas PON 2012 itu.

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024