Makassar (ANTARA Sulsel) - Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Sulsel menggelar penataran untuk wasit di Makassar, Sulsel, pada 3-5 Juli 2015 sebagai upaya meningkatkan kualitas mereka saat memimpin pertandingan.

Wakil Ketua Bidang Organisasi, Atman Amir di Makassar, Jumat, mengatakan penataran wasit itu diikuti puluhan peserta yang berasal dari sejumlah daerah seperti kota Makassar, Maros, Takalar, Pinrang, Parepare, Pangkep, Wajo, Palopo, Bone, serta provinsi Sulawesi Tengah.

"Ada puluhan wasit yang ambil bagian dalam penataran kali ini. Kami terus berupaya meningkatkan kualitas dan kemampuan para wasit sehingga bisa menjalankan tugasnya secara maksimal ketika memimpin pertandingan," jelasnya.

Untuk kegiatan penataran wasit khususnya dari Sulsel, memang penting. Apalagi Pengprov PBSI Sulsel belakangan ini memang secara rutin melaksanakan berbagai kejuaraan baik lokal, regional dan nasional.

Dukungan wasit yang memiliki potensi dan kualitas tentunya diharapkan semakin meningkatkan kualitas kejuaraan. Ini juga secara tidak langsung akan meningkatkan prestasi atlet Sulsel kedepan.

"Kami laksanakan penataran wasit ini selama tiga hari. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa berjalan maksimal dan memberikan pengaruh positif bagi prestasi bulu tangkis Sulsel kedepan," ujarnya.

Selain penataran wasit, PBSI Sulsel juga tengah menyiapkan diri menggelar tiga kejuaraan sepanjang 2015.

Tiga agenda yang akan dilaksanakan yakni Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) pada Agustus 2015, Kejurprov Bulutangkis (September) dan pra-PON pada November 2015.

Pengprov PBSI Sulsel sebelumnya telah sukses menggelar berbagai kejuaraan diantaranya kejuaraan"Battle Of Championship 2015", Kejuaraan Junior Putri se-KTI, Kejuaraan Bulutangkis Sulsel Cup, Audisi PB Djarum, serta kejurnas junior se Indonesia Timur, 12-14 Juni 2015.

Untuk ajang O2SN tingkat nasional khusus cabang bulu tangkis direncanakan diikuti ratusan hingga ribuan pelajar dari seluruh wilayah di Indonesia. Sedangkan untuk kejurprov bulutangkis akan diikuti 24 kabupaten/kota se-Sulsel.

Adapun untuk babak kualifikasi Pekan Olahraga Nasional Indonesia (PON) 2015 Wilayah Timur Zona V akan diramaikan tujuh provinsi yakni Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat serta Sulawesi Selatan sebagai tuan rumah.

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024