Makassar (ANTARA Sulsel) - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menyatakan peluncuran layanan 4G LTE sangat mendukung program kesehatan karena akan menjangkau layanan `Home Care` dan layanan kesehatan lainya.

"Peluncuran ini merupakan kesyukuran kami karena akan menyelamatkan banyak nyawa khususnya di bidang kesehatan pada program home care mengingat akan terintegrasi dengan layanan internet dengan jaringan cepat," ujarnya usai peluncuran, Senin.

Menurut dia nilai pelayanan dan akurasi diagnosa oleh dokter akan lebih baik apabila didukung dengan sinyal yang cepat sehingga dengan layanan 4G LTE sangat mendukung operasional tentunya hasil dari itu akan menyelamatkan banyak nyawa orang sakit di Makassar.

Selain membantu dalam program kesehatan home care dengan 46 unit mobile perharinya, program pendukung lainnya akan terkoneksi pada Smart City karena didukung kecepatan pada frekwensi 4G.

Program tersebut yakni sistem keamanan kota dengan CCTV dan drone, serta layanan care servise sebanyak 200 unit. Juga diharapkan bisa menunjang 1000 UMKM berbasis smart card, dan 300 ribu student smart card untuk anak sekolah.

Diketahui Makassar menjadi kota pertama peluncuran 4G LTE di Mal Trans Studio dari enam kota yang telah meluncurkan layanan 4G LTE dengan frekwensi tertinggi di 1800 MHz.

Sementara Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah mengemukakan enam kota lain di Indonesia diantaranya Jakarta, Medan, Bandung, Surabaya dan Bali juga telah melakukan lauching 4G.

Akan tetapi Makassar sebagai kota pertama yang menerapkan frekwensi 1800 MHz secara komersil karena lebih didukung oleh infrastruktur dan teknis yang ada.

"Kota Makassar dipilih karena bentuk komitmen kami mewujudkan kenyamanan pelanggang di kota ini. Kami melihat juga dari segi infrastruktur, kesiapan pasar jauh lebih baik disini,"ucapnya.

Dalam peluncuran tersebut hadir Dirjen penyelenggaraan pos dan informatika Kemkominfo, Kalamullah Ramli, Direktur sales telkomsel Mas`ud Hamid, dan Direktur Planning dan Transformation Edward Ying.

Guna memberi pelayanan terbaik di Makassar dalam menikmati jaringan 4G telkomsel membangun 150 eNode B yang mencakup lokasi-lokasi strategis termasuk bandara, universitas, mall, pantai losari, dan pusat keramaian lainnya. Secara nasional telkomsel memiliki lebih 1.000 BTS dengan sekitar 700 ribu pelanggan 4G.

Pewarta : Darwin Fatir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024