Makassar (ANTARA Sulsel) - Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Sulawesi Selatan mengandalkan sejumlah atlet program pembinaan "Sulsel Maju II" untuk meraih prestasi di kejurnas sekaligus kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) di kolam renang GOR Manahan Solo, Jawa Tengah, 7-9 Agustus 2015.

Pelatih renang Sulsel, Thamrin Taba di Makassar, Kamis, mengatakan sebanyak lima atlet yang telah bergabung di "Sulsel Maju II" itu yakni Muhammad Alamsyah, Reskyanto, Nurhalifah Harry, Nurhalifah, dan Wanda.

"Lima atlet kita tentunya tetap menjadi andalan saat berlaga di Kejurnas kelompok umur 2015. Mudah-mudahan bisa bersaing sekaligus merebut tiket tampil di PON 2016,"jelasnya.

Dari lima atlet tersebut, dua diantaranya yakni Muhammad Alamsyah dan Reskyanto telah berhasil lolos limit untuk tampil di Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016 di Jawa Barat.

Untuk Muhammad Alamzah lolos limit pada nomor PON gaya ganti putri 200 meter. Adapun Rezky sukses memenuhi limit waktu PON untuk nomor gaya kupu-kupu 200 meter.

Kedua atlet andalan Sulsel itu, kata dia, mendapatkan limit pada pelaksanaan Kejuaraan Renang antar-Perkumpulan Seluruh Indonesia (KRAPSI) di Yogyakarta, 27-30 Desember 2014.

"Meski telah mendapaat tiket namun kita tetap memberangkatkan dem mengangkat prestasi Sulsel di kejurnas. Kami juga berharap kehadiran keduanya semakin meningkatakan motivasi atlet yang lain saat bertanding," katanya.

Selain lima atlet "Sulsel Maju II", kata dia, pihaknya juga berencana menggelar seleksi untuk menambah jumlah atlet di kejurnas. Pihaknya juga berharap bisa mendapatkan banyak atlet yang mendapatkan limit tercepat.

Kejurnas KU 2015 yang rencananya mempertandingkan sebanyak 184 nomor pertandingan perorangan maupun beregu itu memang merupakan salah satu ajang kualifikasi untuk tampil di Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di Jawa Barat 2016.

Tim Sulsel juga berencana turun di beberapa kategori yang dipertandingakn seperti kelompok umur minimal 11 tahun kebawah, 12-13 tahun, 14-15 tahun, 16-18 tahun, 19 tahun keatas serta segala umur.

"Kita akan berupaya menurunkan lebih banyak atlet mengikuti kejurnas nanti. Hanya saja berapa atlet yang bisa diberangkatkan tentu tergantung kondisi keuangan nantinya,"ujarnya.

Ketua Harian PRSI Sulsel, Abdul Muin sebelumnya mengaku pihaknya sempat mengajukan diri sebagai tuan rumah kejuaraan nasional kelompok umur (KU) 2015.

Keinginan itu juga telah disampaikan ke PB PRSI. Pengurus Besar PRSI juga berencana mengirimkan tim verifikasi untuk melihat kesiapan sarana dan prasarana di Sulsel. Namun belakangan diputuskan menggelarnya di Solo, Jawa Tengah.

Pewarta : Abd Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024