Bantaeng (ANTARA Sulsel) - Bupati Bantaeng HM Nurdin Abdullah atas nama Kementerian Sosial RI kembali menyerahkan dana bantuan Program Aslut (Asistensi Lanjut Usia Terlantar) untuk 50 orang Lansia penerima manfaat Aslut di wilayah kerjanya.

Penyerahan secara simbolis setelah penyerahan yang sama Mei 2015 dirangkaikan Buka Puasa Akbar di Tribun Pantai Seruni, Selasa.

Buka puasa akbar tersebut dihadiri unsur Pemerintah Kabupaten Bantaeng, Muspida, Pimpinan dan Anggota DPRD, masyarakat umum, Tokoh Masyarakat, Pimpinan Unit Kerja, mahasiswa KKN dari UGM, Unand, Unhas.

Dana Aslut untuk tahap II tahun 2015 ini diserahkan kepada 50 orang yang tersebar di 5 kecamatan. Masing-masing orang menerima Rp 200 ribu per bulan sehingga total untuk tahap II berjumlah Rp 800 ribu per orang.

Bantuan ini peruntukannya untuk kebutuhan pokok kepada orang tua lansia yang berusia 60 tahun ke atas dan termasuk bedridden atau tidak ada lagi yang mengurusnya.

"Pendistribusian dana Aslut ini didampingi lima orang Tenaga Pendamping Aslut yang juga merupakan TKSK dari lima kecamatan tersebut, " ujar Kepala Dinas Sosnakertrans Bantaeng Syahrul Bayan.

Bupati Bantaeng HM Nurdin Abdullah mengatakan bantuan dana Aslut ini sangat membantu masyarakat, terutama para Lansia, dan momentumnya tepat sekali di Bulan Suci Ramadhan.

"Sungguh banyak pahalanya serta manfaatnya besar dan ke depannya kita akan berupaya untuk meningkatkan terus melalui pendampingan dari APBD nantinya, jelas Nurdin Abdullah yang juga Sekjen Asosiasi Pemerintahan Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi).

Bupati dua periode itu mengatakan kegiatan Buka Puasa Akbar dan Penyerahan Aslut ini merupakan dua momentum strategis untuk memupuk kebersamaan dan kepedulian antar sesama.

"Kita bersyukur bisa berbuka puasa bersama sambil mendengarkan ceramah sekaligus menikmati indahnya pemandangan menjelang terbenamnya matahari dari ufuk barat," tambahnya.

Pendamping Aslut untuk lima kecamatan ini telah memfasilitasi pencairannya sejak, Senin (13/7) melalui kantor PT Pos dan Giro Bantaeng setelah mendapat konfirmasi pencairan dari Pihak Pengelola Program Aslut Kemensos RI.

"Kami koordinasi dengan masing masing Camat untuk menyerahkan secara langsung dana tersebut kepada penerima manfaat, sekaligus memonitoring kondisi Lansia tersebut, dan itu sudah mulai kita bagikan pada hari Selasa hingga Rabu ini. Sehingga bermanfaat adanya," ujar Koordinator Pendamping Aslut Kabupaten Bantaeng, Mustakim. 

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024