Gowa, Sulsel (ANTARA Sulsel) - Pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Tenri Olle Yasin Limpo-Hairil Muin akhirnya mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Selasa.

Selain mendapatkan restu ibundanya, Nurhayati, Tenri juga diberikan air minum dari gelas yang terbuat dari emas sebagai prosesi yang diyakini menuju kebaikan saat berada di kediaman almarhum ayahnya Yasin Limpo di Jalan H Bau Makassar.

Setelah itu rombongan kemudian mengantar pasangan ini ke Masjid Agung Syeh Yusuf untuk sholat dhuhur selanjutnya berjalan kaki menuju KPU Gowa didampingi ibunya yang juga mantan anggota DPR RI bersama tim pendukung.

Saat mendaftar pasangan dengan tagline "Pastikan-mi" telihat diantar pengurus dan kader partai pengusung dari PPP dan Nasdem termasuk bakal calon yang batal maju di Gowa Amir Uskara kini menjabat anggota DPR RI.

Selain itu kader Partai Gerindra, PAN bahkan kader Golkar juga mendampingi kakak kandung Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo itu. Selain Amir Uskara, bakal calon lainnya juga batal maju yakni Darmawangsyah Muin terlihat hadir.

Anggota DPRD Sulsel sekaligus ketua DPC Gerindra Gowa itu ikut mengantar bersama para legislator DPRD Fraksi Gerindra Gowa serta para elit dari DPP, DPW dan DPD PAN saat proses pendaftaran.

Putri Sulung almarhum Yasin Limpo ini sebelumnya diperdiksi akan batal maju karena partainya yakni Golkar tidak mengusung dirinya, padahal Tenri merupakan ketua DPD II Kabupaten Gowa.

"Alhamdulillah, rekomendasi usungan koalisi sejumlah parpol sudah ada di tangan kita mendaftarkan diri ke KPU," kata Tenri Olle juga kakak kandung Bupati Gowa Ichsan Yasin Limpo ini.

Partai politik pengusung yakni Nasdem memiliki tiga kursi dan PPP enam kursi total sembilan kursi sehingga cukup sesuai persyaratan Undang Undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pilkada yang harus memiliki 20 persen kursi di parlemen.

Kendati Tenri Olle maju di Kabupaten Gowa akan bersaing dengan keponakannya yakni Adnan Purichtha Ichsan Yasin Limpo, namun dirinya tetap optimis bisa bertarung secara fair di Gowa.

Saat mendaftar diterima Ketua KPU Gowa, Zainal Ruma bersama empat komisioner lainnya dan menerima pasangan ini.

Berdasarkan data KPU hingga hari terakhir tercacat ada lima pasangan bakal calon yang mendaftar yakni pasangan Andi Maddusila-Wahyu Permana, pasangan Jamaluddin Maknun dan pasangan Adnan Purichta Ichsan-H Abd Rauf Karaeng Kio.

Sedangkan Tenri-Hairil merupakan pendaftar ke empat menyusul pasangan Sjahrir Sjafruddin Dg Jarung-Anwar Usman mendaftar diri pada Selada sore menjelang penutupan pendaftaran pukul 16.00 WITA.

Pewarta : Darwin Fatir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024