Makassar (ANTARA Sulsel) - Persatuan Panahan Seluruh Indonesia (Perpani) Sulawesi Selatan siap menggelar kejuaraan daerah se-Sulsel di Lapangan Universitas Negeri Makassar (UNM) pada 31 Juli-2 Agustus 2015.

Pengurus sekaligus pelatih panahan Sulsel Kusuma Wardhani di Makassar, Rabu, mengatakan kejurda ini rencananya diikuti sejumlah tim dari berbagai daerah di Sulsel seperti Kabupaten Maros, Pangkep, Bone, Luwu, Bantaeng dan Makassar selaku tuan rumah.

"Kejurda 2015 ini sebagai upaya melahirkan bibit atlet yang mampu memperkuat Sulsel ditingkat nasional. Kami juga berharap seluruh daerah lebih fokus mempersiapkan timnya menghadapi kejurda nanti," katanya.

Mantan atlet nasional ini menjelaskan, untuk kejurda 2015 ini akan mempertandingkan sejumlah kategori atau divisi seperti recurve dan compound.

Selain diramaikan atlet daerah, kejuaraan ini juga dipersiapkan sebagai ajang pemanasan sejumlah atlet Sulsel yang akan bertarung dibabak kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) di Jakarta, Oktober 2015.

Pengprov Persani Sulsel mengakui jika kejurda 2015 diharapkan semakin meningkatkan motivasi atlet dalam berlatih. Kejurda ini juga menjadi wadah bagi atlet untuk menunjukkan kemampuan yang dimilikinya.

Sementara untuk persiapan pra-PON, pihaknya juga tengah mempersiapkan diri melaksanakan pemusatan latihan di Surabaya, Jawa Timur.

Untuk agenda ini, menurut dia, rencananya berlangsung selama dua bulan atau sebelum mengikuti pra-PON di Jakarta, Oktober 2015.

"Kita rencananya akan berangkat ke Surabaya, 7 Agustus nanti. Mudah-mudahan pemusatan latihan ini bisa memberikan dampak positif khususnya dalam menjaga peluang lolos ke PON Jabar 2016," kata peraih medali perak Olimpiade Seoul 1988 tersebut.

Untuk agenda TC di Surabaya, pihaknya tetap berharap mendapatkan anggaran yang cukup agar bisa mengikutkan seluruh atlet dari tiga divisi antara lain Recurve, Compound, dan standar bow (nasional).

Jumlah atlet dari tiga divisi itu, kata dia, yakni sebanyak 16 atlet. Seluruh atlet juga terus mematangkan persiapan di Makassar sebelum mengikuti pemusatan latihan di Surabaya.

Adapun 16 atlet tersebut merupakan hasil seleksi yang dilakukan beberapa waktu lalu. Para atlet tersebut mampu menyingkirkan delapan atlet lain yang sebelumnya juga dipersiapkan mengikuti babak kualifikasi.

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024