Makassar (ANTARA Sulsel) - Sebanyak 11 pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati, Rabu, mengikuti pemeriksan kesehatan di Private Care Center (PCC) Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo Makassar, Sulawesi Selatan.

"Ada 11 pasangan kandidat yang ikut pemeriksaan kesehatan yang di mulai pagi tadi hingga berakhir sore ini," kata koordinator penanggungjawab pemeriksaan kesehatan Dr dr Siswanto Wahab di sela pemeriksaan.

Ia menyebutkan seluruh kandidat diharuskan mengikuti pemeriksaan kesehatan yang dilakukan 60 dokter ahli dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sulsel.

Pemeriksaan tersebut meliputi penyakit dalam seperti jantung, paru-paru, bedah dan organ tubuh bagian dalam. Kemudian pemeriksaan kulit kelamin, Poli THT (Mata, Hidung, Tenggorokan,) syaraf, jiwa dan tentunya jasmani dan rohaninya.

"Tes pyikologi juga dilakukan dua dokter ahli dan kejiwaan ditangani lima dokter ahli. Seluruh tes kesehatan diharuskan diikuti kandidat dan akan diberikan penilaian dan diserahkan ke KPUD untuk menentukan," sebutnya.

Saat ditanyai hasil tersebut bisa dipublikasikan dan apakah calon bisa digugurkan karena tidak lolos tes kesehatan tersebut, kata dia, semuanya diserahkan ke KPUD setempat untuk memutuskan.

"Menentukan gugur atau tidaknya itu tergantung KPUD, kami hanya menyertorkan rekomendasi hasil tes ini dan tidak punya kewenangan mempublikasinya," ujar Sekertaris IDI Sulsel itu.

Pria yang menjabat Kepala Hubungan Masyarakat Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo itu mengemukakan yang mengikuti tes hari pertama yakni di Kabupaten Maros empat pasang, Pangkep tiga pasang dan Gowa empat pasang.

"Besok menyusul, Soppeng, Barru, dan Bulukumba. Kita mulai besok agak lebih pagi mengingat waktu yang sangat sempit, tes hari pertama sedikit terlambat. Alhamdulillah berjalan lancar," paparnya.

Sementara salah satu kandidat Bupati Maros Husain Rasul disela pemeriksaan kepada wartawan mengatakan pemeriksaan kesehatan dijalaninya termasuk cek darah dan sebagainya sesuai aturan yang ada.

"Saya mengikuti semua yang disampaikan dokter termasuk puasa sebelum di cek gula darah. Selain itu tes psykologi ada 560 pertanyaan dan semuanya dijawab. Satu tes tergangtung antara 40 menit sampai satu jam," tambahnya.

Untuk kandidat Gowa mengikuti tes yakni pasangan Adnan-Karaeng Kio (Independen plus), Pasangan Tenri Olle-Khairil Muin, pasangan Maddusila-Wahyu Permana, dan pasangan Djamaluddin Maknun-Maskur (Independen).

Sedangkan Maros yakni pasangan incumbent Hatta Rahman-Harmil Mattotorang, pasangan Husain Rasul-Sudirman, dan pasangan Muh Imran Juyuf-Said.

Pangkep, seperti pasangan Syamudin A Hamid-Syahban Sammana, pasangan Rahman Asegaf-Kamrusamad, pasangan Nur Ahmad As-Absul (Independen), dan pasangan Sangkala Taipe-Andi Ali Gaffar Patappe.

Pewarta : Darwin Fatir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024