Mamuju (ANTARA Sulbar) - Pasangan calon bupati-wakil bupati Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, Ahmad Appa dan Jawas Gani menjanjikan Kecamatan Kalukku menjadi ibu kota ketika kabupaten tersebut ditingkatkan ke status kotamadya.

"Janji pasangan Ahmad Appa (A2) dan Jawas Gani ketika terpilih adalah menjadikan Kecamatan Kalukku sebagai ibu kota Kabupaten Mamuju, ketika Kabupaten Mamuju telah ditingkatkan statusnya menjadi Kotamadya Mamuju," kata konsultan politik pasangan Ahmad Appa dan Jawas Gani, Ismail Ashat di Mamuju, Jumat.

Ia mengatakan, Kabupaten Mamuju telah menjadi ibu kota Provinsi Sulbar sejak Sulbar terbentuk pada 2004. Kabupaten Mamuju mesti ditingkatkan statusnya menjadi Kotamadya Mamuju karena itu sudah menjadi kebutuhan.

"Kabupaten Mamuju akan ditingkatkan menjadi kotamadya, dan sebagian wilayahnya akan dijadikan Kabupaten Mamuju dan ibu kota Kabupaten Mamuju akan berada di Kecamatan Kalukku, dengan berbagai pertimbangan," katanya.

Menurut dia, Kecamatan Kalukku merupakan daerah yang sangat potensial dijadikan kota karena daerah itu memiliki dataran rendah dan sudah mulai tertata untuk menjadi sebagai ibukota Kabupaten.

Selain itu kata dia, juga memiliki kekayaan alam di bidang pertanian yang menjanjikan untuk menjadi sumber pendapatan daerah kemudian posisinya starategis karena berada diantara infrastruktur starategis seperti pelabuhan dan bandara Mamuju.

Ia mengatakan, pasangan A2-Jawas telah resmi mendftar di KPU Mamuju untuk menjadi peserta pemilu dengan diusung sejumlah partai diantaranya, PKB, PAN, PKPI, Nasdem dan PPP.

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024