Makassar (ANTARA Sulsel) - Tiga wakil dari Pulau Jawa berhasil lolos ke semifinal setelah mengalahkan lawan-lawannya di babak penyisihan grup Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat SMP di GOR Sudiang Makassar, Sulsel, Selasa.

Tiga wakil dari Pulau Jawa yang sukses melaju ke babak berikutnya itu masing-masing Jawa Tengah, Jawa Barat dan Jawa Timur.

Pengawas Pertandingan Voli O2SN, Rukmono di Makassar, mengatakan tim voli Jawa Tengah di penyisihan grup sukses mengunci kemenangan atas Kalimantan Selatan ( 25-17 dan 25-11) dan Sulawesi Tengah dengan skor 25-22 dan 25-14).

Selanjutnya Jawa Barat juga meraih kemenangan cukup mudah dari tim Sulawesi Barat (25-8 dan 25-8) serta Bangka Belitung dengan skor 25-3 dan 25-18. Hasil Serupa juga diraih Jawa Timur dengan kemenangan atas NTT (25-4 DAN 25-15) serta Sumut dengan kemenangan WO.

"Tiga tim ini memang masih menyisakan satu pertandingan namun dari hasil yang ada maka sudah dipastikan lolos ke semifinal," jelasnya.

Untuk pertandingan O2SN ini, kata dia, dari setiap grup yang ada hanya lolos satu tim yakni yang berstatus sebagai juara umum.

"Untuk tim yang lainnya masih terlihat seimbang sehingga harus dilihat hingga seluruh pertandingan berakhir. Adapun pelaksanaan semifinal akan kita laksanakan besok," katanya.

Pelaksanaan O2SN di Makassar, 2-8 Agustus 2015 itu diikuti sebanyak 7.327 peserta yang berasal dari 34 provinsi di Indonesia.

Jumlah peserta itu terdiri dari 4.037 atlet atau siswa dan sisanya merupakan para pendamping, pembina, juri/wasit, asisten juri/wasit, panitia pusat dan daerah

Untuk atlet sebanyak 4.037 berasal dari berbagai pendidikan dan sekolah mulai dari tingkat SD/SDLB SMP/SMPLB, SMA/SMALB, dan SMK itu akan saling bersaing menjadi yang terbaik pada 13 cabang olahraga yang dipertandingan.

13 cabang olahraga yang dipertandingkan yakni catur, atletik, bulu tangkis, tenis meja, senam, renang, karate, pencak silat, bola voli mini, futsal, balap kursi roda, serta olahraga tradisional bocce.

Untuk pertandingannya sendiri dilaksanakan di sejumlah lokasi diantaranya KOR dan GOR Sudiang, GOR Bosowa, Stadion Mattoanging, Kolam Renang Mattaonnging, GOR Telkom, SMANKO Sudiang, Universitas Negeri Makassar, Universitas Hasanuddin, serta beberapa hotel yang ada di Makassar.

Pewarta : Abd Kaddir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024