Kolaka,  (Antara Sulsel) - PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) bekerjasama dengan Universitas Sembilan belas November (USN) Kolaka, Sulawesi Tenggara, menggelar Seminar Sehari dengan tema "Otonomi Daerah dan Tambang" di Auditorium Universitas 19 November Kolaka, Selasa.

Sekitar 250 peserta hadir dalam acara ini yang terdiri antara lain dari mahasiswa, dosen, perwakilan dari Pemda Kabupaten Kolaka, para tokoh masyarakat dan pemuda, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), dan media lokal.

Nara sumber dalam seminar ini antara lain Presiden Direktur PT Vale, Nico Kanter, dengan tema "Kepemimpin dan Integritas", Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin, Prof. Dr. Ir. Abrar Saleng SH, MH, dengan judul presentasi "Otonomi Daerah dan Tambang dalam Perspektif Hukum" dan Direktur Strategic Business Development PT Vale, Agus Superiadi dengan topik "Pembangunan Smelter dan Dampaknya".

Agenda acara seminar dimulai dengan sambutan Ketua Panitia Seminar, Destiwin, yang juga mahasiswa Fakultas Tambang USN, dilanjutkan dengan sambutan Presiden Direktur PT Vale, Nico Kanter yang menjadi sponsor acara seminar ini. Selanjutnya Rektor USN, Dr. Azhari S, STP membuka acara seminar ini dengan menyampaikan antara lain penghargaan kepada PT Vale atas dukungan PT Vale sebagai sponsor seminar ini.

Selain sponsor acara ini, PT Vale sebelumnya telah memberikan bantuan untuk pembangunan perpustakaan USN dan Beasiswa.

"Ke depan mudah-mudahan akan dilanjutkan dengan kerjasama yang berkaitan dengan tri dharma perguruan tinggi seperti mengenai peningkatan kapabilitas SDM, beasiswa dan lainnya. Tentu itu semua perlu duduk bersama antara Tim Vale dengan USN membahas bagaimana implementasinya disesuaikan dengan mekanisme dan kemampuan perusahaan," ujar Nico Kanter.

Para peserta antusias mengikuti penjelasan para nara sumber sehingga banyak pertanyaan yang diajukan, mulai mengenai bagaimana kiat-kiat menjadi pemimpin yang sukses, apa implikasi dari revisi Undang-undang Mineral dan Batu Bara terhadap otonomi daerah, dan harapan peserta agar PT Vale terus memberikan beasiswa untuk mahasiswa USN.

Acara seminar ditutup oleh Wakil Rektor USN, Dr. Ruslin Hadanu, S.Pd., M. Si, dan foto bersama antara peserta dan narasumber.




Pewarta :
Editor : Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024