Majene, Sulbar (ANTARA Sulbar) - Bidang Sains Teknologi Perguruan Tinggi Negeri Universitas Sulawesi Barat (PTN Unsulbar) melakukan proses seleksi jalur Mandiri untuk menerima mahasiswa baru.

"Pada seleksi lewat jalur mandiri yang diikuti ratusan orang, bidang Sains dan Teknologi menjadi favorit para pendaftar. Program studi paling tinggi peminatnya untuk di bidang Saintek adalah jurusan Teknik Informatika dan Agribinis," kata panitia penerimaan Maba jalur Mandiri, Unsulbar Muslimin di Majene, Selasa.

Menurutnya, pada bulan lalu, Unsulbar juga menerima mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN yang digelar serentak dengan perguruan tinggi negeri se-Indonesia.

Seleksi calon mahasiswa baru Unsulbar lewat jalur Mandiri ini digelar dengan mengambil tempat 20 ruangan kelas di SMK Negeri 2 Majene. Rektor Unsulbar didampingi para dekan serta para kepala biro meninjau langsung pelaksanaan ujian.

Dia menyebutkan, sebanyak 378 pendaftar memperebutkan kuota kursi yang masih tersisa dari SBMPTN.

Ratusan peserta ujian mandiri itu terbagi tiga bidang masing-masing bidang Sains Teknologi, bidang Sosial Humaniora serta Campuran kedua bidang.

"Tentu yang paling ketat itu adalah prodi yang banyak pendaftarnya antara lain teknik Informatika, Manajemen, Akuntansi, Agribisnis serta Teknik Sipil, jurusan ini menjadi favorit sehingga otomatis mempersengit persaingan para pendaftar untuk masuk," kata Muslimin.

Dia menjelaskan pengumuman kelulusan hasil ujian mandiri akan disampaikan termasuk melalui media massa pada 15 Agustus mendatang. Jadwal perkuliahan perdana sendiri direncanakan berlangsung pada akhir Agustus 2015.

Secara umum ujian berlangsung lancar, para pengawas ujian selain dari unsur dsoen Unsulbar juga berasal dari para guru SMK setempat. para peserta tampak berhati-hati dan antusias mengerjakan soal terdiri atas potensi akademik dan pengetahuan umum.

Rektor Unsulbar DR Akhsan Djalaluddin menyatakan banyaknya pelamar masuk ke Unsulbar khususnya untuk program studi Informatika dan Agribisnis menandakan keberadaan Unsulbar sebagai perguruan tinggi negeri semakin direspon oleh masyarakat.

"Kepercayaan dari masyarakat tentu akan direspon balik Unsulbar dengan terus meningkatkan kualitas pendidikan mulai dari tenaga dosen hingga infrastruktur di kampus, perguruan tinggi negeri di Sulbar ini terus berbenah," kata Akhsan.

Di Unsulbar sendiri terdapat 7 Fakultas, mulai fakultas Teknik, FISIPOL, Ekonomi, Kesehatan, MIPA, Pertanian dan kehutanan serta Kelautan perikanan. Kampus Unsulbar saat ini berada di kelurahan Tande Timur, kecamatan Banggae Timur, Majene.

Pewarta : Aco Ahmad
Editor :
Copyright © ANTARA 2024