Bantaeng (ANTARA Sulsel) - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) Hj Aliyah Mustika Ilham menyerahkan bantuan alat kesehatan (Alkes) ke Pemda Bantaeng.

Penyerahan dilakukan politisi Partai Demokrat tersebut kepada Bupati Bantaeng HM Nurdin Abdullah disaksikan Ketua Tim Penggerak PKK Hj Lies F Nurdin di rumah jabatan Bupati Bantaeng, Rabu (12/8).

Aliyah Mustika yang didampingi Ketua Bidang Pemasaran BPU Cab. Makassar, Tri Chandra Kartika menghaturkan rasa terima kasihnya karena telah disambut dengan sangat baik oleh jajaran Pemkab Bantaeng.

"Kami datang untuk menyampaikan bantuan dari Kementerian Kesehatan yang akan disalurkan ke beberapa kabupaten di Sulawesi," ujarnya.

Bantuan berupa biskuit sehat untuk anak dan ibu hamil, serta beberapa fasilitas gratis tersebut akan dititipkan ke beberapa sekolah SD dan Puskesmas di daerah ini.

"Saya optimis bahwa keinginan Bupati untuk bisa mensukseskan rumah sakit daerah menjadi rumah sakit regional dapat terwujud," ujarnya.

Usai penyerahan bantuan, dilakukan peninjauan ke beberapa Posyandu, masing-masing Posyandu Kodim dan Posyandu Karatuang.

Sebelumnya, Bupati Bantaeng HM Nurdin Abdullah memberi pemaparan singkat mengenai kondisi pelayanan kesehatan di wilayah kerjanya melalui program yang telah dicanangkan Pemda Kabupaten Bantaeng.

Pemda telah berupaya menyediakan berbagai sarana yang dapat dimanfaatkan seluruh lapisan masyarakat untuk menunjang kesehatan mereka.

"Satu yang menjadi fokus utama adalah `ambulance mobile`, suatu layanan kesehatan yang terinspirasi dari angka kematian ibu melahirkan yang cukup tinggi. Dengan adanya layanan publik ini, Bantaeng terbukti bisa menurunkan angka kematian ibu dan bayi," tuturnya.

Bupati juga mengatakan, Butta Toa akan memiliki rumah sakit berstandar internasional yang akan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

"Ini tentu akan menjadi fokus pencapaian khususnya dalam bidang kesehatan agar Bantaeng bisa menjadi penyangga di Sulawesi, menjadi salah satu rujukan untuk daerah Selatan," ungkap Nurdin yang juga merupakan Sekjen Apkasi.

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024