Mamuju (ANTARA Sulbar) - Mantan pejuang pembentukan Provinsi Sulawesi Barat optimistis Kabupaten Balanipa yang akan dimekarkan dari Kabupaten Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat dapat menjadi daerah otonom baru (DOB) pada tahun 2015.

"Kami akan selalu berjuang untuk mewujudkan Kabupaten Balanipa sebagai salah satu DOB di Provinsi Sulbar dan optimistis dapat terwujud tahun ini," kata Ketua Forum Mahasiswa Mandar Bersama yang merupakan organisasi mahasiswa pejuang pembentukan Provinsi Sulbar, Abdul Rahim di Mamuju, Sabtu.

Abdul Rahim yang juga menjabat sebagai Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Sulbar mengatakan, pihaknya akan terus berjuang melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan Kabupaten Balanipa menjadi DOB di Provinsi Sulbar.

Menurut dia, komite aksi pembentukan Kabupaten Balanipa pemerintah dan DPRD Kabupaten Polman DPRD Provinsi Sulbar, dan wakil Sulbar di DPR RI maupun anggota DPD RI asal Sulbar serta tokoh pemuda dan masyarakat telah menemui Mentri Dalam Negeri untuk memberikan desakan agar Kabupaten Balanipa segera diwujudkan tahun ini.

"Terus dilakukan upaya sesuai dengan mekanisme yang ada mewujudkan daerah otonom baru Kabupaten Balanipa," katanya.

Ia berharap dukungan semua pihak mewujudkan Balanipa menjadi DOB agar dapat terwujud tahun ini, karena mewujudkan Balanipa sebagai kabupaten baru untuk meningkatkan pembangunan dengan memperpendek rentang kendali pelayanan pemerintahan.

"Balanipa sudah layak jadi DOB di Sulbar sesuai kajian yang sudah dilakukan jadi tidak ada alasan untuk tidak mewujudkannya sehingga dukungan pemerintah pusat sangat dibutuhkan," ujarnya.

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024