Makassar (ANTARA Sulsel)- Mantan atlet pelatnas SEA Games 2015 asal Sulawesi Selatan Lismawati Illang siap meramaikan lomba lari marathon bertajuk "Sorowako Run" di Sorowako, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, 22 Agustus 2015.

"Lismawati Illang sudah mendaftarkan diri mengikuti lomba lari Sorowako Run 2015 untuk kategori 10K. Kami tentu mendukung keputusannya dan berharap mendapatkan yang terbaik," kata Pelatih Atletik Sulsel, Abdul Kadir di Makassar, Kamis.

Mengenai keterlibatan atlet peraih medali emas disejumlah kejuaraan nasional itu, kata dia, juga diharapkan semakin meningkatkan kualitas khususnya daya tahan. Kejuaraan itu sekaligus dimanfaatkan sebagai ajang try out bagi Lismawati Illang.

Selain itu, lanjut dia, keterlibatan Lismawati juga karena memang tidak akan dilibatkan mengikuti Kejurnas Junior-senior di Jakarta, 2-5 September 2015 dikarenakan telah mengamankan tiket tampil di Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016 di Jawa Barat.

Pihaknya juga melihat ajang "Sorowako Run" akan lebih menantang karena diikuti para pelari terbaik dari sejumlah daerah di Indonesia.

"Keterlibatan Lismawati tentu lebih menarik karena selama ini hanya terbiasa di lari jarak dekat. Ini juga akan menguji ketahanan tubuhnya karena jarak lomba sepanjang 10 kilometer," jelasnya.

Kejuaraan yang lahir sejak 1980 dan bernama Soroathon itu akan mempertandingkan sejumlah kategori yakni 5K (terbuka/tertutup), 10K terbuka/tertutup) dan lari jarak 21K.

Untuk Kategori 5K dan 10K Open dibatasi untuk pelari dari Indonesia saja. Sedangkan kategori tertutup 10K dan 5K diperuntukkan bagi warga di wilayah Luwu Raya yang mencakup Kabupaten Luwu Timur, Luwu, Luwu Utara, Kota Palopo, plus Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara,"katanya.

Sementara untuk kategori 21K diperuntukkan bagi pelari dari semua negara termasuk atlet profesional maupun pelari rekreasional.

Sorowako Run berawal pada 1980 dengan nama Soroathon. Lomba lari tersebut digagas oleh masyarakat Sorowako dan didukung penuh oleh PT Vale Indonesia Tbk (dahulu PT Inco) dan Pemerintah Daerah Luwu Timur (dahulu masih Kabupaten Luwu).

Kegiatan ini berlangsung rutin setiap tahun selama lebih dari 20 tahun. Saat itu penyelenggaraan Soroathon selalu dikaitkan dengan HUT Republik Indonesia dan mempertandingkan satu kategori lomba saja, yakni jarak 17,845 meter.

Menurut dia, meski kejuaraan ini telah berganti nama tapi semangat yang melatari Soroathon tetap berlanjut pada penyelenggaraan Sorowako Run seperti semangat kolektif dan gotong royong di antara berbagai elemen masyarakat.

Termasuk komunitas-komunitas hobi, perusahaan, dan pemerintah daerah, dalam upaya mengembalikan gelaran olahraga ini menjadi salah satu ikon Sorowako dan Luwu Timur. 

Pewarta : Abd Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024