Makassar (ANTARA Sulsel) - Sedikitnya delapan kandidat akan mengincar kursi Ketua Dewan Pimpinan (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Sulawesi Selatan pada Musyawarah Wilayah (Muswil) September 2015.

"Ada delapan orang yang sudah mendaftar untuk bakal calon Ketua DPW PAN Sulsel untuk Muswil nanti, salah satunya Ilham Bur," kata Sterring Committe (SC) Muswil IV PAN Sulsel Usman Lonta, di Makassar, Senin.

Ia menyebutkan masa pendaftaran untuk posisi ketua akan ditutup pada 12 September 2015. Lanjutnya kemungkinan nama-nama bakal calon ketua akan bertambah.

"Tidak ada pembatasan pendaftar, yang jelas memenuhi syarat minimal pernah mengikuti pengkaderan di partai," ujar legislator DPRD Sulsel itu.

Sementara Sekretaris DPW PAN Sulsel Buhari Kahar Mudzakkar disebut-sebut akan mengincar posisi tersebut mengatakan dirinya belum memasukkan berkas pendaftaran, karena dirinya beralasan batas akhir pendaftaran masih lama.

"Kan masih lama, saya melihat dulu kondisinya, keinginan semua kader pasti akan maju apalagi memenuhi syarat di partai," paparnya.

Terpisah Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PAN Sulsel Dodi Amiruddin saat ditanyakan apakah akan mendaftar menjadi baka calon, dirinya juga mengatakan hal sama.

"Nanti kita lihat peta politiknya, kalau ada keinginan tentu akan maju, tapi nanti kita lihat dulu," ujarnya enggan berspekulasi.

Menurut dia seluruh calon ketua DPW PAN yang akan maju diharuskan mengedepankan jati diri partai yaitu cita-cita reformasi PAN yang wajib dikedepankan. Selain itu tidak diperlukan euforia berlebihan apalagi mesti melakukan pembenahan di internal partai menghadapi Pemilu 2019.

"Saya tidak akan bergantung pada orang-perorang, tapi lebih percaya diri, salah satu visi misi itu yang saya bila maju nanti di Muswil," bebernya.

Banyaknya peminat bakal calon Ketua DPW PAN Sulsel tersebut dipengaruhi adanya isu ketua DPW PAN Ashabul Kahfi menjabat sekarang mengisyaratkan tidak akan maju kembali di Muswil.

Alasannya karena sudah menjabat dua periode memimpin PAN Sulsel dengan keinginan menghadirkan regenerasi baru dalam tubuh partai

Saat ditanya soal itu, Ashabul Kahfi memberikan apresiasi atas dorongan sejumlah Dewan Pimpinan Daerah (DPD) yang menginginkan dirinya tetap memimpin PAN Sulsel. Namun dirinya dirinya lebih memilih adanya regenerasi di partai.

"Memang harus ada regenerasi di partai, meskipun tanggung jawab saya cukup besar terhadap keberlangsungan dalam membesarkan partai termasuk kader di dalamnya, tetapi ini sudah menjadi keputusan," beber Wakil Ketua DPRD Sulsel itu.

Diketahui untuk posisi calon ketua DPW PAN akan memperebutkan 364 suara di Muswil, terdiri dari 306 suara tingkat Dewan Pimpinan Kecamatan (DPC), 48 suara dari DPD, tiga suara tingkat DPW, dan satu suara dari DPP, suara lainnya dari sayap partai.

Sejumlah kandidat masih menjabat anggota DPRD Sulsel juga mengincar posisi tersebut seperti Buhari Kahar Mudzakkar, Taufan Tiro, Jamaluddin Jaffar, Usman Lonta, Dodi Amiruddin, Syamsuddin Karlos, dan Abduh Pabe.

Pewarta : Darwin Fatir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024