Makassar (ANTARA Sulel) - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menyatakan telah menyiapkan satu kursi untuk mahasiswa sebagai keterwakilan kaum intelektual dalam penyelenggaraan Asean Mayors Forum (AMF) 8-10 September 2015 di Makassar, Sulawesi Selatan.

"Sudah disiapkan satu kursi delegasi untuk mahasiswa Makassar sebagai bukti tidak hanya jago di lapangan saat demo tapi jago juga berbicara di dalam forum internasional," kata Ramdhan Rabu.

Menurut dia Forum Internasional ini mesti dijadikan mahasiswa sebagai unjuk kebolehan disamping bisa berbahasa inggris juga mampu menterjemahkan keinginan masyarakat sebagai keterwakilan aspirasi dari pelaksanaan kegiatan ini.

"Panitia juga mengudang perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) untuk mengutus siap yang akan mewakili nanti, dengan harapan bisa membawa nama baik Makassar saat forum ini dibuka di Sheraton Hotel,"paparnya.

Selain menghadirkan Mahasiswa, panitia pelaksana intern juga mengundang Rukun Warga (RW) sebagai representatif keterwakilan di pemerintahan paling bawah.

"Jadi semua diundang mulai tingkatan atas hingga ke bawah seperti Kepala Daerah, Wali Kota se Asean, Mahasiswa dan RW sebagai keterwakilan masyarakat dalam forum nanti," ujarnya.

Pria disapa akrab Danny Pomanto ini juga mengundang kalangan pengusaha lebih dari 100 orang, Pengurus Kamar Dagang Indonesia 250 orang, kepala daerah 200 orang termasuk Presiden dan Wakil Presiden.

"Besar harapan kami pak Presiden Joko Widodo bisa membuka forum ini, ataupun Pak Jusuf Kalla sebagai Wakil Presiden. Undangan sudah di kirimkan kesana jauh hari sebelumnya, namun belum ada konfirmasi kehadiran," bebernya.

Mantan Staf Ahli Perencanaan Kota Makassar ini memperkirakan akan hadir tamu secara keseluruhan sekitar 3.000 orang.

Berdasarkan agenda acara untuk Asean Mayors Forum akan dibahas topik tentang Adaptive dan Resilient Cites, Intelegent da Smart Cities, dan Prosperous Cities.

Kemudian agenda selanjutnya Makassar Investmen Forum (MIF) akan dibahas topik tentang Infrastrukture Develoment in Makassar, Makassar as Internasional Hub, Smart City in Makassar dan Capturing The Makassar Consumer.

Untuk agenda Makassar Global Expo juga akan membahas topik tentang Tourisme, Propertis, Industries dan Smart Technologis dalam hal investasi.

Sementara agenda Asean Community Week akan menampilkan Fashion, Culture budaya, Culinary dan Handycraft.

"Harapannya dalam pertemuan pada agenda MIF nanti akan dibahas tentang investasi karena di Indonesia punya banyak potensi bisa bersinergi dengan kepala daerah yang akan hadir nanti. Entry poinnya ada pada MIF, karena kami tidak ingin pertemuan ini hanya bersifat seremoni," tambahnya.

Pewarta : Darwin Fatir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024