Makassar (ANTARA Sulsel) - Kontingen Sulawesi Selatan akan diperkuat 132 atlet dan ofisial untuk menghadapi Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XIII di Jawa Barat, 9-19 September 2015.

"Sebanyak 132 atlet dan ofisial akan kita berangkatkan menuju Popnas 2015. Kami berharap seluruh atlet bisa terus menjaga motivasi agar bisa tampil maksimal pada saat pertandingan nanti," jelas Kepala Bidang Keolahragaan Dispora Sulsel, Hery Sumiharto di Makassar, Kamis.

Seluruh atlet, kata dia, akan tampil pada 14 dari 20 cabang olahraga yang dipertandingkan yakni taekwondo, judo, tinju, pencak silat, karate, sepak takraw, atletik, renang, voli pasir, dayung, senam, tenis lapangan dan angkat besi.

Sementara cabang olahraga yang tidak diikuti tim Sulsel seperti sepak bola, bola basket, gulat, tenis meja, bulu tangkis, serta voli indoor.

Cabang itu tidak dapat diikuti setelah gagal pada Pekan Olahraga Wilayah (Popwil) 2014 yang merupakan babak kualifikasi Popnas 2015. Pihaknya berharap dengan kekuatan atlet yang lebih besar diharapkan semakin menjaga peluang Sulsel meraih prestasi terbaik di Popnas 2015.

"Dengan kekuatan atlet sebanyak ini tentu kita harapkan bisa memberikan prestasi dan mengangkat posisi Sulsel di klasemen," katanya.

Sementara itu pihak Dinas Pemuda dan Olahraga Sulsel menyatakan pihaknya menargetkan masuk 10 besar pada pelaksanaan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XIII di Jawa Barat 2015.

Untuk target tersebut sudah masuk dalam rencana jangka panjang Dispora Sulsel. Target ini juga dinilai cukup realistis jika melihat peningkatan kualitas atlet Sulsel belakangan ini.

Pada pelaksanaan Popnas di Jakarta, 12-20 September 2013, Sulsel yang berambisi meraih hasil maksimal harus puas menempati peringkat 15 dengan perolehan empat emas, enam perak dan enam perunggu.

Bahkan hasil ini membuat Sulsel juga kalah dari Papua sebagai wakil dari Kawasan Timur Indonesia (KTI).

Kegagalan Sulsel tentu saja tak lepas dari hasi buruk sejumlah cabang yang sempat menjadi unggulan merebut emas seperti karate, takraw, tinju, dan silat.

"Ada sejumlah cabang yang tentu kita harapkan bisa meraih medali bagi Sulsel. Meski bukan hal yang mudah namun kita optimistis bisa bersaing dan mewujudkan target minimal masuk peringkat 10 besar," ujarnya.

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024