Makassar (ANTARA Sulsel) - Ketua Umum Partai Nasional Demokrat Surya Paloh akan memimpin rapat konsolidasi akbar unsur partai se-Sulawesi Selatan menjelang pemilihan kepala daerah serentak di 11 kabupaten akhir tahun ini.

"Nanti pada tanggal 9-10 akan ada beberapa agenda yang akan dilaksanakan di Sulsel dan salah satunya rapat konsolidasi pemenangan di 11 pilkada," ujar Juru Bicara Partai Nasdem Sulsel, Rudianto Lallo di Makassar, Kamis.

Dia mengatakan, konsolidasi Nasdem menjadi salah satu agenda Paloh selama dua hari di Sulsel yang sekaligus merencanakan sejumlah kegiatan di luar konteks pilkada. Salah satunya adalah panen raya di Kabupaten Pinrang.

Rudi menyebutkan, setidaknya empat unsur Nasdem se-Sulsel yang akan diundang mendengarkan pemaparan Paloh pada rapat konsolidasi.

Mereka antara lain pengurus DPW tingkat provinsi, pengurus Dewan Pimpinan Daerah (kabupaten), legislator se-Sulsel, serta para pasangan calon bupati usungan di masing-masing kabupaten.

Pengurus partai di luar sebelas daerah penyelenggara pilkada serentak juga diundang, sebagai bekal untuk menghadapi agenda serupa pada tahun mendatang.

Menurut Rudi, penting untuk menyegarkan dan menyatukan pandangan antara para unsur Nasdem di Sulsel jelang pilkada. Itu untuk memuluskan upaya memenangkan setiap kandidat usungan.

"Kehadiran Surya Paloh akan menambah semangat para kader di daerah untuk memenangkan usungan partai. Apalagi target kita jelas untuk memenangkan pilkada," kata dia.

Rudi menambahkan, kedatangan Paloh di Sulsel juga sekaligus menandakan keseriusan partai dalam berjuang pada pilkada. Dia menegaskan bahwa partainya akan berjuang secara maksimal untuk mendorong usungannya meraih dukungan suara terbanyak pada pemungutan suara.

"Kita tidak setengah hati memberikan rekomendasi. Semua yang diberikan rekomendasi berpeluang untuk menang," sebutnya.

Ketua DPW Nasdem Sulsel Luthfi Andi Mutty menekankan bahwa partainya menargetkan kemenangan, setidaknya pada 50 persen penyelenggaraan pilkada di setiap tingkatan.

Artinya di Sulsel, Nasdem berupaya memenangkan lima dari sebelas kabupaten. Meski begitu, partainya tetap berupaya maksimal agar tingkat kemenangan bisa melampaui target.

Luthfi menganggap target 50 persen cukup realistis. Mengingat, kandidat yang diusung rata-rata memiliki tingkat elektabilitas dan popularitas yang tinggi. Hal tersebut sebelumnya menjadi salah satu syarat mutlak bagi kandidat untuk mendapatkan rekomendasi dari partai.

"Sekarang, bagaimana kita memaksimalkan sumber daya, mulai dari pengurus, kader dan simpatisan untuk bekerja keras memenangkan mereka." katanya.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024