Makassar (ANTARA Sulsel) - Sebanyak 40 Wali Kota yang menjadi peserta Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas) akan diboyong ke Makassar untuk mengikuti Forum Wali Kota Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara (ASEAN Mayor Forum/AMF) 2015 yang dijadwalkan berlangsung 8-10 September 2015.

"Ada 40 peserta Lemhanas yang menyatakan langsung kepada saya akan hadir dalam pertemuan AMF yang akan mulai dibuka pekan depan," kata Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto di Makassar, Kamis.

Dia mengatakan, 40 peserta Lemhanas yang juga kepala daerah itu belum memasukkan nama-nama pendamping yang akan dibawanya serta seperti para pengusaha dan lainnya.

"Ini masih wali kotanya yang baru menyatakan akan hadir, belum termasuk rekan-rekannya yang lain yang akan dibawanya ke sini," katanya.

Danny sapaan akrabnya mengaku, jika sebanyak 2.400 kursi sudah disiapkan untuk menampung para tamu yang terdiri dari gubernur dan wali kota se-ASEAN serta ratusan delegasi Kadin dan pengusaha lokal serta internasional.

"Bagaimana registrasinya, di mana posisi para wali kota dan tamu lainnya," tanya Danny kepada Even Organizer saat memantau lokasi acara pembukaan di salah satu hotel Jalan Landak tersebut.

Rencananya, registrasi peserta forum akan dimulai 7 September nanti yang kemudian dilanjutkan dengan istirahat di kamar masing-masing para tamu undangan. Selanjutnya pembukaan baru akan dilakukan pada keesokan harinya yakni tanggal 8 Agustus.

Sebelumnya, pertemuan ini merupakan yang kedua kali setelah pada 2011 di Surabaya, Jawa Timur. Undangan yang disiapkan juga ditujukan untuk seluruh wali kota, bupati dan gubernur se-Indonesia.

"Ini adalah momentum untuk memperkenalkan semua potensi Kota Makassar kepada para wali kota di ASEAN. Bukan cuma wali kota yang akan datang, para pengusaha pengusaha mancanegara juga direncanakan hadir," katanya.

Adapun rangkaian kegiatan pada AMF di antaranya Makassar Investment Forum, Makassar Global Expo, dan ASEAN Community Week.

Sementara itu, Manajer Projek AMF, Husain Muslimin menambahkan, kegiatan khususnya Makassar City Expo dan ASEAN Community Week akan berlangsung di dua tempat berbeda, yakni di Hotel Seraton dan Anjungan Pantai Losari.

"Kegiatannya itu di dua tempat berbeda. ASEAN City Expo di Hotel Seraton dan ASEAN Community Week di Anjungan Pantai Losari," katanya.

Peserta Makassar City Expo, katanya, berasal dari pemerintah kota Indonesia dan ASEAN. Stan pameran ASEAN Community Week dikhususkan bagi negara Perbara dan beberapa sektor di Makassar, dan akan ada pula Karnaval Budaya ASEAN.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024