Bantaeng, Sulsel (ANTARA Sulsel) - Bupati Bantaeng HM Nurdin Abdullah melepas peserta on the job training ke industri smelter milik PT Huadi Nickel Alloy di Tiongkok.

Para peserta on the job training yang dilepas di rumah jabatan Bupati, Sabtu, tersebut berjumlah 20 orang.

Ke-20 orang itu merupakan putra/putri daerah yang telah lolos tahap seleksi, dan rencananya akan berangkat pada 8 September 2015.

Kepala HRD PT Huadi Nickel Alloy Rita Latippa mengatakan, ke-20 putra/putri Bantaeng ini yang akan berada di negeri tirai bambu itu selama kurang lebih tiga bulan telah melalui proses seleksi panjang yang telah dilakukan sejak April.

Dari 2400 berkas yang masuk, diseleksi 600 orang untuk mengikuti tes, lalu disaring menjadi 150 untuk diwawancara, kemudian dikerucutkan menjadi 35 orang untuk mengikuti tes kesehatan, setelah itu 25 orang menjalani pelatihan di BLKI (Balai Latihan Kerja Industri) dan pada akhirnya terpilihlah 20 orang peserta yang akan berangkat ke China.

"Besar harapan saya agar peserta yang terpilih mampu benar-benar melakukan proses belajar yang baik di China, agar dapat menjadi tenaga kerja unggul, berdayaguna, mampu bersaing serta dapat menjadi contoh bagi tenaga kerja muda yang ada di Bantaeng," ungkapnya.

Bupati Bantaeng HM Nurdin Abdullah menilai, keberhasilan pemberangkatan ini adalah sebuah fenomena yang patut dihargai dan diberi apresiasi.

Ini adalah inovasi yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kualitas SDM kita, cikal bakal industri yang sangat besar.

:Dengan pengalaman ini, kalian harus mampu memanfaatkan serta mengadopsi semua teknologi yang ada di China untuk kemudian diterapkan di Indonesia," katanya.

Pengiriman tenaga kerja peserta on the job training PT Huadi Nikel Alloy ke China dapat terlaksana atas kerjasama Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bantaeng dengan investor smelter PT Huadi.

Sekembalinya dari pelatihan, para peserta akan langsung bekerja di perusahaan swasta PT Huadi yang berlokasi di kawasan Bantaeng Industrial Park (BIP) di Kecamatan Pajukukang, Bantaeng.

Pelepasan tenaga on the job training ke Tiongkok tersebut dihadiri Wakil Bupati Muhammad Yasin, Sekretaris Daerah Abdul Wahab, Ketua DPRD Bantaeng H Sahabuddin, Manager Operational PT Huadi, Chou dan Side Enginer PT Huadi, Wang.

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024