Bantaeng, Sulsel (ANTARA Sulsel) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bantaeng ditunjuk oleh Baznas Provinsi Sulsel untuk mewakili Sulsel dalam penilaian Zakat Award tingkat nasional yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

Sekretaris BAZ Provinsi, Drs H Abduh Khalik, MH menyebutkan penunjukan Bantaeng dilakukan karena daerah ini merupakan daerah pertama yang melakukan pelantikan pengurus BAZ.

"Bantaeng dapat dikatakan selangkah lebih maju dibanding daerah lainnya. Karena itu dalam penilaian zakat award tingkat nasional yang akan dilaksanakan beberapa waktu ke depan, kami menunjuk daerah ini sebagai perwakilan Sulawesi Selatan," ujarnya.

Sekretaris BAZ Sulsel itu juga berharap, kelak dana dari perusahaan-perusahaan multinasional yang ada di Bantaeng akan disalurkan kepada BAZ untuk dikelola.

,Pada kesempatan tersebut juga diserahkan paket bantuan stimulan kepada penerima manfaat program penanganan ABH (Anak Berhadapan dengan Hukum) luar lembaga PSMP Toddopuli Makassar, sebanyak 12 orang anak dalam wilayah Kabupaten Bantaeng. Yang terdiri dari 9 orang paket keterampilan otomotif secara kelompok, dan 3 orang paket keterampilan penjahitan secara kelompok.

Tahapan pelaksanaan program ini dalam tahun 2015 yakni diawali dengan penjajakan dan assesment, sosialisasi program. Kemudian pelaksanaan pelayanan berupa bimbingan sosial, bimbingan vokasional (keterampilan), bimbingan minat bakat, pelatihan kewirausahaan dan bimbingan rekreatif (widyawisata) yang bertujuan untuk memberikan tindakan preventif (pencegahan) terhadap anak yang rentan dengan tindakan pelanggaran hukum (ABH).

Untuk paket otomotif berupa 1 unit kompressor, beberapa kunci dan peralatan bengkel lainnya serta paket penjahitan berupa satu unit mesin jahit.

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor :
Copyright © ANTARA 2024