Makassar (ANTARA Sulsel) - Duta Besar Thailand untuk Indonesia Paskorn Siriyaphan mengatakan Pemerintah Thailand akan meningkatkan hubungan kerja sama ekonomi dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

"Kami ingin mencari lebih banyak kesempatan untuk meningkatkan kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sulsel, khususnya di bidang ekonomi, bisnis, maupun kerja sama antara orang per orang antara ke dua pihak," kata Paskorn, seusai bertemu dengan Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu`mang di Makassar, Selasa.

Saat ini, kata dia, salah satu perusahaan besar asal Thailand yakni PT Charoen Pokphand Indonesia telah menanamkan investasi yang cukup besar di provinsi ini.

"Selanjutnya `Bangkok Bank` juga akan membuka cabang di Makassar, setelah sebelumnya sudah dibuka di Jakarta, Surabaya, dan Medan," ujarnya.

Ia menilai Provinsi Sulawesi Selatan merupakan salah satu mitra yang strategis, mengingat saat ini ekspor Sulsel ke Thailand cukup tinggi, yakni mencapai USD3 juta yang didominasi oleh ekspor biji kakao.

Sementara dari sisi pengembangan pariwisata, pihaknya mendorong agar ada penerbangan langsung dari Makassar

"Ini akan kami bicarakan dengan beberapa maskapai penerbangan yang ada di Thailand," ungkapnya.

Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu`mang menyambut baik rencana Pemerintah Thailand untuk meningkatkan hubungan kerja sama ini.

Agus mengatakan dengan sejumlah potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimiliki oleh Sulsel, wilayah ini menjadi salah satu pusat pertumbuhan ekonomi bagi Indonesia.

"Ada sekitar sembilan juta penduduk di Sulsel, provinsi ini juga berkontribusi lebih dari 40 persen terhadap PDRB Pulau Sulawesi. Karenanya tidak salah jika Sulsel menjadi wilayah target investasi Thailand," kata dia.

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024