Makassar (ANTARA Sulsel) - Peluncuran perdana Bahan Bahan Bakar (BBM) jenis Pertalite di Makassar, dan sejumlah kabupaten di Sulawesi Selatan dan Barat dalam uji pasar mulai 1 Oktober 2015 diharapkan mendapat respon positif dari konsumen.

"Kami berharap masyarakat dan penguna BBM bisa merespon dengan mencoba Pertalite yang mulai di pasarkan Kamis besok," kata General Manager MOR VII Pertamina Budi Setio Hartono kepada wartawan di Makassar, Rabu.

Menurut dia Pertalite hadir sebagai bagian dari varian baru dari seluruh jenis Bahan Bakar yang didistribusi Pertamina ke sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Minyak di wilayah Sulawesi Selatan termasuk Barat.

"Jadi Pertalite ini hadir sebagai alaternatif denga harga di tengah antara premium dan Pertamax. Sebagai varian baru diharapkan bisa menjadi salah satu solusi pada masalah bahan bakar bagi konsumen," katanya.

Saat ditanya apakah kehadiran Pertalite tersebut akan menggantikan Premium, kata dia, tidak akan sebab stok untuk premium masih sangat cukup hingga akhir tahun.

"Tidak ada itu, Pertalite akan mengantikan Premium, stok kita masih banyak dan siap untuk di suplai, jadi masyarakat tidak perlu resah, Pertalite hadir hanya sebagai varian baru," tambahnya.

Ia menyebutkan Untuk tahap pertama Pertamina akan menyalurkan sebanyak 424 kilo liter Pertalite di 39 titik di SPBU wilayah Sulawesi Selatan pada uji pasar mulai Kamis 1 Oktober 2015. Kendati sebelumnya sudah dipasarkan di Pulau Jawa.

Peluang pasar Pertalite, lanjutnya, sangat potensial di Sulawesi dan infrastrukturnya sudah siap. Selain itu pihaknya akan mengembangkan lagi 90 SPBU untuk memasarkan Pertalite. Pertamina menargetkan hingga akhir 2015 pertalite akan ada di 170 SPBU wilayah Sulawesi Selatan dan Barat.

Sementara Ketua Hiswana Migas Sulsel Sakaruddin pada temu wartawan di kantor MOR VII Pertamina Makassar, mengatakan menyambut baik dengan hadirnya BBM jenis Pertalite sebagai bahan bakar yang baru digunakan masyarakat Sulsel.

"Kami menyambut baik dan sudah diinstruksikan seluruh SPBU yang sudah siap infrasuktrurnya akan didistibusikan Pertalite agar masyarakat merasakan bahan bakar tersebut," tambahnya.

Salah satu pengguna BBM jenis Pertamax Hamid Al Aqsa yang ditemui di SPBU Rappocini mengatakan belum mengetahui pertalite akan di pasarkan mulai Kamis besok. Dirinya menuturkan akan mencoba jenis bahan bakar tersebut.

"Kalau besok sudah ada di SPBU saya akan mencobanya di mobil saya. Katanya sudah RON (Research Octane Number) 90 dan harga tidak jauh dari Pertamax juga mengandung RON 92, saya pengguna Pertamax," katanya.

Pewarta : Darwin Fatir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024