Makassar (ANTARA Sulsel) - Sebanyak enam atlet asal Sulawesi Selatan siap bersaing menjadi yang terbaik pada kejuaraan internasional "Asian Muaythai Championship and 2 Edition Indonesia Open President Cup" di Jakarta, 3-7 Oktober 2015.

Ketua Harian Muaythai Indonesia Nurahmi di Makassar, Sabtu, mengatakan enam atlet itu akan tampil di sejumlah kategori yakni M Nuralamsyah (kategori senior 67 kg putra), M Askar Muharram (kategori senior 60 kg putra), serta M Ridwan Malik yang turun di kategori junior kelas 51 kg putra.

Selanjutnya ada Viona Mutmainnah (kategori junior 51 kg putri), Nadya Indah Royani (kategori pemula 45 kg putri) dan Zulbimantara yang akan tampil di kategori profesional kelas 48 kg putra.

"Seluruh atlet sudah berada di Jakarta untuk persiapan tampil di kejuaraan internasional. Para atlet ini akan membawa nama Indonesia dan Sulawesi Selatan di kejuaraan terbuka itu," katanya.

Mengenai peluang atlet meraih hasil maksimal, dirinya mengaku cukup optimistis. Apalagi seluruh atlet memang memiliki pengalaman tampil di berbagai kejuaraan baik yang bertaraf nasional hingga internasional.

Bahkan sebagian diantaranya juga memiliki prestasi membanggakan di sejumlah ajang baik nasional dan internasional seperti halnya Nadya Indah Royani yang merupakan peraih medali emas pada dua ajang Royal Championships di Bangkok, Thailand, yakni Maret dan Agustus 2015.

Prestasi serupa juga diraih M Nuralamsyah yang sebelumnya sukses menjadi yang terbaik pada kejuaraan dunia di Rumania 2014. Begitupun dengan Zulbimantara yang juga tidak kalah dengan tampil sebagai juara I di King Brithday di Thailand beberapa waktu lalu.

Ketiga atlet juga merupakan peraih medali emas di kejuaraan Liga Nasional Muaythai (LNM) Seri III di Nusa Tenggara Barat, 1-6 September 2015.

Pelatih Muaythai Sulsel Iswandi Iwan Putra mengatakan untuk pertandingan pertama akan dimulai pada Minggu (4/10). Untuk hari ini, seluruh atlet melakukan proses pendaftaran ulang dan timbang badan untuk menentukan kelas yang akan diikuti.

Tim pelatih juga meminta seluruh atlet untuk fokus dalam setiap pertandingan. Pihaknya juga menginstruksikan agar atlet dapat tampil percaya diri meski menghadapi lawan yang diunggulkan khususnya dari atlet Thailand.

"Kami baru bertanding besok. Kita telah melakukan persiapan yang cukup maksimal termasuk melakukan pemanasan di Liga Nasional Muaythai di NTT. Mudah-mudahan pencapaian atlet itu bisa menjadi modal untuk kembali tampil maksimal pada setiap pertandingan," ujarnya.

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024