Makassar (ANTARA Sulsel) - Pengurus Provinsi Persatuan Olahraga Layar Seluruh Indonesia (Porlasi) Sulawesi Selatan menyatakan, enam atletnya merebut tiket PON 2016 di babak kualifikasi Pekan Olahraga Nasional di Indramayu, Jawa Barat, 2-8 Oktober 2015.

Ketua Harian Porlasi sekaligus Manajer Sulsel, Basri yang dihubungi dari Makassar, Selasa, mengatakan tiga dari enam atlet putra itu tidak hanya lolos, namun juga sukses merebut dua emas dan satu perak yakni pasangan Murhadi/Ismail dan Muammad Dandy.

"Untuk kategori putra memang sudah selesai dan kita meloloskan sebanyak enam atlet. Hasil ini tentu diharapkan menambah motivasi bagi atlet putri yang baru mulai bertanding hari ini," jelasnya.

Adapun dua keping medali emas yang diraih Sulsel sebelumnya yakni dipersembahkan pasangan Ismail/Murhadi ( kelas 470 int) serta Muhammad Dandy yang turun di nomor laser 4,7 putra. Sedangkan satu perak juga diraih pasangan Ismail/Murhadi pada nomor marathon.

Mengenai keberhasilan timnya merebut enam tiket PON, dirinya mengaku hal itu tidak lepas dari persiapan dan kualitas atlet Sulsel. Apalagi beberapa atlet yang diturunkan memang memiliki pengalaman dan prestasi baik di kejurnas atau kejuaraan internasional.

Pengprov Porlasi Sulsel juga meminta agar atlet yang lolos tidak cepat berpuas diri karena tujuan sesungguhnya yakni meraih medali di PON XIX di Jawa Barat 2016.

"Untuk atlet putri yang baru bertanding hari ini, saya kira peluang mereka lebih terbuka karena juga punya pengalaman dan kualitas. Kita juga minta atlet untuk fokus melihat perubahan cuaca yang sewaktu-waktu bisa terjadi," katanya.

Menghadapi Pra-PON 2015, Pengprov Porlasi Sulsel melibatkan sebanyak 22 yang berasal daru cabang layar dan selancar angin.

Artinya selain dari cabang layar, tim Sulsel juga masih berharap medali dari cabang selancar angin. Keterlibatan sejumlah atlet yang punya pengalaman dan prestasi di berbagai kejuaraan tentu menjadi modal berharga menghadapi pertandingan tersebut.

Salah satu pencapaian atlet tersebut, kata dia, saat behasil keluar sebagai juara umum The 1st Merdeka International Open Regatta di Pantai Karnaval Ancol Jakarta, 15-17 Agustus 2014. Tim Sulsel tampil sebagai yang terbaik setelah sukses meraih dua medali emas, dua perak dan satu medali perunggu

"Kami juga telah melaksanakan pemusatan latihan sebagai upaya menjaga peluang meraih hasil maksimal. Kami juga optimistis bisa kembali mempersembahkan prestasi untuk Sulsel," ujarnya.

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024