Mamuju (ANTARA Sulbar) - Universitas Burapha di Thailand, sepakat membangun kerja sama dengan Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan di provinsi ke-33 ini.

Rektor Unsulbar Dr Akhsan Djalaluddin mengatakan hal itu saat menerima rombongan Presiden Universitas Burapha, Prof Sompol Pongthai di Bandara Tanpa Padang, Mamuju, Minggu.

Akhsan Djalaluddin mengatakan kunjungan perguruan tinggi ternama dari Thailand ke Sulbar ini sebagai tindak lanjut atas kerja sama yang dibangun di Universitas Trisakti, Jakarta, Juli 2015.

"Kedatangan perguruan tinggi dari Thailand ini dapat mempercepat pengembangan pendidikan di daerah ini, khususnya bagaimana meningkatkan kualitas pendidikan di Unsulbar sebagai perguruan tinggi negeri di Sulbar," kata Akhsan.

Akhsan menambahkan kedatangan rombongan Universitas Burapha ke Sulbar sekaligus untuk merealisasikan kerja sama riset, pengembangan pendidikan, pertukaran pelajar dan pertukaran dosen, pengembangan kapasitas dosen dan pengembangan studi baru khususnya bidang pertanian dan perkebunan.

Pemprov Sulbar mengapresiasi atas kerja sama Unsulbar dengan perguruan tinggi di luar negeri karena dapat mempercepat pengembangan Unsulbar dan secara umum dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Sulawesi Barat.

Asisten Bidang Pemerintahan Provinsi Sulawesi Barat, Nur Alam Tahir mengaku kerja sama yang dibangun dua lembaga pendidikan terebut dinilai cukup positif.

"Kami berharap kerja sama yang dibangun ini bukan hanya sampai di sini saja, namun terus berkelanjutan. Apalagi, Burapha University Thailand, merupakan perguruan tinggi terbaik di negaranya," kata Nur Alam Tahir.

Pewarta : Aco Ahmad
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024