Makassar, (Antara Sulsel) - PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) kembali menambah perolehan penghargaannya pada 2015 ini. 

Channel NewsAsia bersama CSR Asia dan Sustainibility Rangking mengumumkan hasil identifikasi mereka mengenai 100 perusahaan terbaik  di Asia.  PT Vale menduduki posisi ke 25 dari 100 perusahaan terbaik tersebut.

Sementara untuk  3 perusahaan terbaik di masing-masing negara, PT Vale meraah peringkat kedua di Indonesia. Peringkat pertama diduduki Unilever Tbk, sedangkan peringkat ketiga diraih PT Bukit Asam Tbk.

Pengumuman 100 perusahaan terbaik itu dilakukan Channel News Asia, CSR Asia, dan Sustainibility Rangking di Hotel Royale Chulan, Kuala Lumpur, Malaysia, pada 7 Oktober  2015. 

Channel News Asia dikenal sebagai stasiun TV regional yang banyak meliput isu pembangunan global dari perspektif Asia. Sedangkan CSR Asia merupakan sebuah lembaga terkemuka yang  memberikan jasa konsultansi, riset, dan pelatihan tentang praktik-praktik bisnis berkelanjutan. 

Sementara Sustainibility Rangking adalah lembaga penyedia jasa terkemuka untuk penelitian tata kelola perusahaan,  rating,  dan analisa bagi investor di seluruh dunia. 

Pemeringkatan yang dilakukan Channel NewsAsia , CSR Asia, dan Sustainibility Rangking ini didasarkan pada penelitian mereka kepada perusahaan –perusahaan terbuka yang terdaftar di bursa efek di Cina, Hongkong, India, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Korea Selatan, Taiwan, Thailand, dan Jepang.

Melalui pemeringkatan tersebut, Channel News Asia dan mitranya memberikan gambaran kepada investor dan konsumer tentang bagaimana praktik-praktik tanggung jawab sosial perusahaan atau populer dengan sebutan Corporate Social Responsibility (CSR)  yang dilakukan perusahaan-perusahaan tersebut. 

Salah satu pertimbangan Channel NewsAsia dan mitranya terhadap PT Vale adalah PT Vale Indonesia Tbk dan perusahaan induknya, Vale,  mendukung Inisiatif Transparansi Industri Ekstraktif (The Extractive Industries Transparency Initiative), melaporkan secara rutin sesuai dengan ketentuan yang berlaku terkait laporan finansial perusahaan, dan PT Vale telahmembangunsistem whistleblower sebagai bagian dari komitmen yang kuat dari perusahaan terkait transparansi dan akuntabilitas. 

Menurut Presiden Direktur PT Vale, Nico Kanter, penghargaan ini memberikan motivasi lagi kepada pihaknya untuk terus meningkatkan kinerja perusahaan dari tahun ke tahun.

“Penghargaan ini merupakan apresiasi bagi seluruh karyawan dan manajemen PT Vale yang telah bekerja keras dan berkomitmen terhadap perkembangan masyarakat, lingkungan, dan ekonomi dalam berbagai keputusan bisnis”, ujar Nico Kanter.

Selain itu, Nico Kanter menambahkan pihaknya selalu berupaya untuk tetap fokusmemberikanhasilterbaikbagi para pemegang saham, karyawan, maupun masyarakat sekitar, juga pemangku kepentingan lainnya.

"Penghargaan ini menambah semangat kami agar terus melangkah lebih positif demi keberlanjutan dan perkembangan PT Vale,” ujar Nico Kanter.


Pewarta :
Editor : Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024