Makassar (ANTARA Sulsel) - Sebanyak tujuh pebalap Sulawesi Selatan sebagai wakil region V Sulawesi siap bersaing menjadi yang terbaik pada babak final kejuaraan nasional Motoprix di Sirkuit Puncak Mario Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan, 17-18 Oktober 2015.

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sulsel, Adifar di Makassar, Jumat mengatakan tujuh pebalap Sulsel yang diharapkan mampu meraih prestasi itu yakni Andi Farhat, Anis KS, Ridwan De Aji, Hafid JW, Lucky Kaddi dan Renaldy Jr.

"Mereka berhak tampil di final Motoprix setelah meraih hasil maksimal di Region V Sulawesi yang telah dilaksanakan sepanjang 2015 ini," katanya.

Para atlet Sulsel ini selanjutnya akan bersaing dengan ratusan pebalap dari berbagai region pada beberapa nomor seperti MP1 (underbone 110cc 4 tak), MP2 (underbone 125 cc 4 tak), MP3 (Pemula 110 cc 4 tak) dan MP4 (Pemula 125 cc 4 tak), selain empat kategori itu, ada pula kelas tambahan yakni kelas sport dua tak dan empat tak.

Ia menyatakan, babak final ini hanya bisa diikuti para pebalap yang menjadi juara di region masing-masing yakni Jawa, Kalimantan, Sumatera, Papua dan Sulawesi.

Ia menyatakan dengan kehadiran para juara ini tentu akan membuat kejuaraan semakin ketat.

Ini juga penting khususnya bagi Sulsel untuk lebih memaksimalkan kemampuan sebelum berlaga di babak kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) November 2015.

Menurut dia, para peserta kemungkinan besar sudah mulai berdatangan pada 15 Oktober 2015 untuk mempersiapkan diri.

Untuk peralatan balap seperti motor yang diberangkatkan lebih awal melalui jalur laut juga direncanakan segera tiba.

"Jika wakil Wilayah VI juga ikut seluruhnya maka tentu jumlahnya memang akan lebih besar. Kita tentu berharap seluruh pebalap ikut bersaing sehingga bisa mengukur kekuatan para pebaap Pra-PON Sulsel," katanya.

Khusus untuk region V Sulawesi sendiri, kata dia, terdapat 18 pemenang yang dari peringkat satu hingga posisi ketiga dari enam kelas yang dipertandingan diantaranya nomor pemula, seeded, dan pemula senior.

Kejurnas Motoprix Region V Sulawesi pelaksanaannya telah berakhir seluruhnya di Sirkuit Atakkae Sengkang Kabupaten Wajo, 19-20 September 2015.

Untuk region V Sulawesi ini diikuti para pebalap dari Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara dan Sulsel yang tampil sebagai tuan rumah di seri terakhir.

Pebalap Sulsel, Andi Farhat yang sudah dipastikan tampil sebagai juara pada seri sebelumnya kembali tampil maksimal di seri IX atau terakhir dengan keluar sebagai yang terbaik untuk kelas MP 2 dan MP3.

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024