Makassar (ANTARA Sulsel) - DKI Jakarta dan Jawa Barat siap mengirimkan 12 atlet terbaiknya untuk bersaing di kejuaraan renang lintas laut se-ASEAN di Makassar, Sulsel, 1 November 2015.

"Untuk DKI Jakarta dan tim renang Jawa Barat masing-masing mendaftarkan sebanyak 12 perenang pada ajang ini. Kami tentu mengapresiasi komitmen setiap daerah dalam menyukseskan kejuaraan lintas laut 2015 ini," kata Panitia Kejuaraan Lintas Laut ASEAN 2015, Nadwi di Makassar, Selasa.

Sejumlah daerah lain juga sudah menyatakan kesiapannya ambil bagian dalam kejuaraan antara lain Jawa Timur (enam atlet), Kalimantan Timur (empat atlet), Kalimantan Barat (tiga atlet) Bali, termasuk tuan rumah Sulsel yang rencana menurunkan sebanyak 10 atlet.

Beberapa daerah di Indonesia juga telah menkonfirmasi kesiapannya untuk hadir jelang pelaksanaan.

Pihaknya juga mengakui untuk pendaftaran masih akan dibuka hingga dua hari sebelum pelaksanaan kejuaraan.

Sementara untuk peserta dari luar negeri, dirinya mengaku sudah ada Thailand yang siap menurunkan sebanyak enam atlet pada lomba renang berjakar 10 kilometer tersebut.

Penyelenggara juga mengundang sejumlah negara ASEAN lainnya seperti Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Laos, Kamboja, Vietnam, serta Myanmar untuk ikut lomba.

Penyelenggara berharap para peserta dari negara yang lain sudah bisa mendaftarkan atletya dalam beberapa hari kedepan. .

"Panitia memang mengundang sekitar sembilan negara untuk memeriahkan kejuaraan ini. Kami tentu berharap seluruh peserta bisa mengirimkan wakilnya di ajang nanti," jelasnya.

Sekretaris Panitia Kejuaraan ASEAN, Hartawansyah Amien, mengatakan pelaksanaan kejuaraan renang itu akan mempertandingkan dua kategori masing-masing renang terbuka se-ASEAN 10 kilometer (khusus atlet) dan renang rakyat yang diperuntukkan bagi kalangan TNI/Polri, mahasiswa, pelajar, dan usia di bawah 12 tahun serta umum.

Untuk kategori renang rakyat, kata dia, akan mengambil lokasi dari Anjungan Pantai Losari ke Pulau Lae-lae yang jaraknya memang tidak terlalu jauh atau sekitar 750 meter.

Kejuaraan renang lintas laut 2015 sebenarnya bukan yang pertama. Pengprov PRSI Sulsel bersama Pemkot Makassar juga telah menggelar ajang serupa pada 2014 meski dengan skala lokal.

Adapun untuk pelaksanaan 2014, pihak penyelenggara mengambil rute dari Pulau Lae-lae ke Makassar, Sulsel, dan finis di Pantai Losari. Untuk pesertanya sendiri berasal dari berbagai instansi dan perkumpulan termasuk dari kalangan TNI.

"Kejuaraan renang menyambut HUT Makassar sudah kita laksanakan 2014 meskipun saat itu baru sebagai ajang lokal. Untuk tahun ini tentu jauh lebih besar karena kita akan mengundang atlet dari sejumlah negara ASEAN," ujarnya.

Pewarta : Abd Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024