Makassar (ANTARA Sulsel) - Tim putri Kalimantan Barat merebut posisi ketiga setelah mengalahkan Kalimantan Selatan di perebutan tempat ketiga dengan skor 3-0 pada babak kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) di GOR Sudiang Makassar, Sulawesi Selatan, 12-18 November 2015.

Pelatih Voli Kalimantan Barat, Zulnan Budiansyah di Makassar, Rabu, mengatakan hasil ini sebagai penghibur atas kegagalan timnya meraih tiket tampil di PON XIX 2016 Jawa Barat. Pada laga perebutan posisi ketiga, Kalbar menggulung Kalsel dengan tiga set 25-21, 25-22 dan 25-16.

"Hasil ini memang tidak sesuai harapan kami yang minimal merebut posisi runner-up. Namun kami tetap bersyukur bisa tampil sebagai posisi ketiga. Ini sekaligus menjadi hiburan bagi kita," katanya.

Mengenai kegagalan timnya merebut tiket PON 2016, pihaknya juga cukup menyayangkan. Apalagi timnya sudah menampilkan kemampuan terbaiknya saat menghadapi Kalimantan Timur di babak semi final.

Pihkanya juga mengaku akan kembali melakukan evaluasi agar bisa lebih baik kedepan. Pihaknya juga fokus untuk meningkatkan pembinaan di daerahnya demi mendapatkan bibit atlet yang bisa bersaing di berbagai ajang nasional.

"Untuk tim putri memang sudah dipastikan gagal. Adapun tim putra masih berpeluang lolos jika mampu meraih posisi ketiga hari ini. Mudah-mudahan kita bisa kembali memenangkan pertandingan hari ini," katanya.

Sementara untuk dua tiket PON untuk beregu putri diraih Sulawesi Utara dan Kalimantan Timur. Keduanya sudah memastikan diri tampil di PON usai menembus babak grand final Pra-PON 2016.

"Posisi juara dan ranner-up di Pra-PON memang berhak tampil di PON 2016. Kami tentunya mengucapkan selamat bagi empat tim ini yang memang sejak awal begitu tampil mendominasi," Panitia Pra-PON yang juga Sekretaris Umum PBVSI Sulsel, Hamka Sanusi.

Pada pelaksanaan Pra-PON Wilayah Kalimantan-Sulawesi, kata dia, akan diikuti 11 yang terdiri dari lima daerah di Kaliamntan dan enam dari Sulawesi antara lain Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulsel.

Sementara untuk pulau Kalimantan yakni dari Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Utara.

PP PBVSI berdasarkan hasi rakernas Januari 2015 memang telah menyepakati pelaksanaan babak kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) cabang voli indoor 2015 dibagi dalam empat wilayah.

Adapun empat pelaksanaan Pra-PON itu masing-masing dilaksanakan di Wilayah Jawa, Wilayah Sumatera, Wilayah Kalimantan-Sulawesi dan Wilayah Kawasan Timur Indonesia (KTI).

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024