Makassar, (Antara Sulsel) - Film Sumiati akhirnya tayang perdana mulai Kamis 26 November di 25 kota se-Indonesia.

Legenda tentang hantu Sumiati sudah lama ada . Tidak hanya di Makassar, legenda hantu Sumiati juga ada di kota-kota lain seperti Palu, Kendari, bahkan sampai di Kalimantan dan Papua.  

Sutradara Makassar, Syahrir Arsyad Dini atau akrab disapa Rere mengangkat legenda hantu Sumiati ke layar lebar lewat film Sumiati, The Urban Legend.

Film ini menjadi menarik karena dibintangi  aktor dan aktris local Makassar. Ada Dinda Surbakti, siswi SMAN 2 Makassar yang  memerankan  Sumiati dan Abd. Rojak “Pettapuang” yang tampil penuh penghayatan  sebagai suami Sumiati. 

"Film Sumiati sudah mendapat respons yang bagus dari semua pihak termasuk kritikus film sekelas Yan Widjaya. Film ini kami garap dengan sepenuh hati dan  melalui banyak sekali rintangan. Akhirnya film Sumiati bisa tayang tidak hanya di jaringan XXI/21, tapi juga di jaringan Blitz, Cinemax, dan Platinum. Total ada  25 kota," ujar Rere.

Rere mengatakan pihaknya memang tertarik mengangkat kisah tentang Hantu Sumiati. Apalagi banyak versi yang berbeda di setiap kota.

"Kami lebih menonjolkan  pesan moral  tentang makna sebuah keikhlasan. Jadi film Sumiati bukan sekadar film horror biasa. Di sini ada pengorbanan, kesetiaan, juga keikhlasan," ujar Rere.

Sementara Produser Film Sumiati, Hendra Sirajuddin, mengaku sangat mensupport karya anak-anak Makassar. Hendra yang juga memproduseri film Bombe mengungkapkan, banyak sekali industry kreatif lahir dari daerah. 

Prananda Nobar di Jakarta

Publisher Film Sumiati dr wachyudi muchsin mengatakan Penayangan hari perdana Film Sumiati juga ditandai dengan nonton bareng di sejumlah daerah.

Di Makassar, para aktor dan aktris Sumiati  akan nobar bersama awak media dan sejumlah tokoh di daerah ini.

Ketua DPRD Kota Makassar, Farouk M. Betta sudah menyatakan kesiapannya untuk hadir dan datang ke bioskop sebagai bentuk dukungan pada karya anak-anak Makassar.

Lanjut dokter yudi Sementara di Jakarta, Wakil Ketua Fraksi Nasdem, Prananda Surya Paloh yang juga anak dari tokoh nasional, Surya Paloh, memastikan ikut pada nobar Film Sumiati di Blok M Square. Begitu juga di Gorontalo, Kendari dan Palu. Beberapa komunitas film yang mendukung film Indonesia sudah siap melakukan nobar.
Lokasi tayang jaringan XXI/21

Makassar, Manado, Gorontalo, Palu, Jakarta, Samarinda, Banjarmasin, Medan, Surabaya, Jogjakarta, Bandung, Bekasi, Tangerang, Bogor.

 

Pewarta :
Editor : Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024