Makassar (ANTARA Sulsel) - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum (Ketum) Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) Periode 2015-2019 dalam Munas V APPSI di Makassar, Kamis.

"Saya siap sebagai Ketua Umum," kata Syahrul dalam pidatonya usai diminta secara aklamasi untuk kembali menjabat sebagai Ketum Dewan Pengurus APPSI 2015-2019.

Ia mengatakan siap mengemban tugas tersebut, dengan dukungan dari para gubernur lain.

Terpilihnya Syahrul sebagai Ketum berjalan dengan mulus usai pembacaan Laporan Pertanggungjawaban Dewan Pengurus APPSI Periode sebelumnya.

Lebih dari dua puluh perwakilan pemerintah provinsi secara terbuka menyatakan menerima dan meminta Syahrul untuk bersedia menjabat kembali sebagai Ketua Umum.

Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Reydonnyzar Moenek misalnya menilai Gubernur Sulsel merupakan figur pamong yang dapat mengemong semua stake holder.

"Kami menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya terhadap komitmen beliau dalam mencapai visi kepemimpinannya. Beliau mampu menjawab tantangan dan dinamika pemerintahan daerah, karena itu kami mengusulkan kembali dan berharap belia bersedia untuk dicalonkan kembali menjadi Ketua Umum APPSI," kata dia.

Hal yang senada disampaikan oleh Gubernur Sulbar Anwar Adnan Saleh.

Menurut dia, Syahrul mampu membangun sinergi antara semua stake holder.

"Salah satunya adalah penurunan suku bunga KUR yang merupakan hasil pertemuan dengan pimpinan perbankan," ujarnya.

Sementara Ketum APPSI terpilih Syahrul Yasin Limpo mengatakan mengatakan pihaknya akan fokus pada upaya mewujudkan pemenuhan kebutuhan masyarakat secara mandiri, dengan meningkatkan koordinasi dan integritas antara pemerintah pusat dan daerah.

."APPSI juga harus mampu mengawal proses untuk mengangkat kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024