Majene, Sulbar (ANTARA Sulbar) - Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) menampilkan olahraga beladiri tradisional khas Suku Mandar, Silat Pamacca` yang saat ini terancam punah.

"Olahraga pencak silat sekarang ini makin jarang ditampilkan. Hal inilah yang mendorong kita untuk mengembalikan olahraga khas Mandar ini," kata Rektor Unsulbar Dr Akhsan Djalaluddin dalam perayaan Dies Natalisnya yang kedua di Majene, Minggu.

Dalam perayaan Dies Natalis itu juga digelar jalan sehat yang diikuti ribuan warga dalam dan luar Kota Majene.

Silat Pamacca ditampilkan di halaman rektorat Unsulbar saat ribuan peserta jalan sehat Dies Natalis tiba di rektorat. Tabuhan gendang kemudian diikuti aksi para pesilat tradisonal dari kelompok silat Pamacca "Siasayanni" Majene memeragakan gerakan-gerakan silat khas Mandar.

"Olahraga Silat Pamacca ini sengaja kami tampilkan sebagai langkah nyata dukungan agar olah raga sekaligus seni budaya ini tetap lestari, saat ini sudah sangat jarang kita saksikan silat Pamacca tampil, padahal ini sangat bagus dalam membentuk karakter," kata Rektor.

Keterangan yang dihimpun, Silat Pamacca selain menjadi olah raga beladiri yang sejak dahulu juga sering ditampilkan di Mandar sebagai seni pertunjukan.

Ironisnya saat ini Silat Pamacca yang gerakan silatnya berpadu dengan tabuhan gendang sudah sangat jarang ditampilkan.

Sementara itu, puncak perayaan Dies Natalis Unsulbar diisi dengan jalan sehat yang diikuti ribuan orang terdiri atas civitas akademika Unsulbar dan masyakat umum dalam dan luar Majene.

Jalan sehat melakukan gerak awal di depan gedung Boyang Assalamewuang Mandar Majene dan berakhir di halaman Rektorat Unsulbar Talumung kelurahan Tande Timur, Majene.

Panitia Dies Natalis Unsulbar kedua menyiapkan puluhan hadiah antara lain sepeda motor, lemari es dan dispenser.

Di samping jalan sehat, Perayaan Dies Natalis Unsulbar juga diisi dengan berbagai kegiatan lainnya antara lain seminar nasional Pilkada yang dihadiri Ketua Bawaslu RI Prof Muhammad, peluncuran buku, Sepeda sehat, sepeda hias dan pertandingan futsal

Perayaan Dies Natalis Unsulbar juga akan dilanjutkan dengan pelaksanaan Wisuda Sarjana Unsulbar yang Ketiga, Senin, 30 November bertempat di aula Masjid Agung Majene.

Pewarta : Aco Ahmad
Editor :
Copyright © ANTARA 2024