Makassar (ANTARA Sulsel) - Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulawesi Selatan mendukung lahirnya aplikasi Celebus.co.id secara online dalam program visit pariwisata Sulsel 2016

"Kami mendukung sepenuhnya aplikasi ini untuk mempermudah boking tiket bagi wisatawan yang hendak melakukan kunjungan di sejumlah destinasi wisata di Sulsel," kata Sekertaris Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Syarifuddin Rahim, di Makassar, Selasa.

Menurut dia dengan diluncurkannya aplikasi ini, tentu akan sangat membantu daya tarik wisatawan baik domestik maupun mancanegara untuk datang ke Sulsel menikmati sejumlah tempat wisata dan kuliner khas.

"Tentu apresiasi diberikan atas kehadiran aplikasi ini tidak hanya dibuka melalui internet di komputer juga dapat diakses melalui gadget atau ponsel berbasis android. Saya kira aplikasi ini boking tiket bus secara on line ini sudah dinantikan calon penumpang," paparnya.

Kendati saat ini pembelian tiket melalui cara konvensional, namun kedepan tentu diera teknologi saat ini semua bisa dilakukan melalui jaringan internet dimana saja.

"Aplikasi ini diharapkan memudahkan wisatawan untuk datang ke Sulsel termasuk mencicipi kuliner khas, mendatangi destinasi wisata tersebar di beberapa kabupaten seperti Toraja, Maros, Barru dan lainnya. Aplikasi ini bisa juga disebarkan melalui komunitas bloger dan lainnya," harap Syarifuddin.

Pada kesempatan itu hadir pula Kepala Dinas Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Makassar Muhammad Ismounandar mengatakan aplikasi ini sejalan dengan program pemerintah yakni Sombere dan Smart City, sistem pelayanan, penjualan tiket bus AKAP/AKDP.

"Ini sejalan dengan program Pemerintah Kota dan dibutuhkan masyarakat serta mempermudah mendapatkan tiket tanpa harus menunggu atau kehabisan tiket saat ingin berkunjung di Makassar dan daerah lainnya di Sulsel," katanya.

Sementara pimpinan perusahan Celebes Travelindo Muh Fajar Ramadhan menambahkan, aplikasi tersebut diyakini akan mempermudah calon penumpang yang akan berpergian keluar kota tanpa harus khawatir kehabisan tiket bus.

"Kami sudah bekerja sama dengan sejumlah pemilik bus angkutan kota dan daerah untuk mempermudah mendapatkan tiket. Kedepan bila semua pengusaha angkutan sudah terintegrasi on line maka kami rangkul guna mempermudah calon penumpang mendapatkan tiket," tambahnya.

Pewarta : Darwin Fatir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024