Makassar (ANTARA Sulsel) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan, mengagendakan ajang festival layang-layang yang dipusatkan di Pantai Marina Bantaeng, Sulsel, 2016.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bantaeng, Hartawan Zainuddin saat dihubungi dari Makassar, Kamis, mengatakan agenda ini rencananya bukan hanya melibatkan peserta masyarakat lokal namun juga dari beberapa kabupaten/kota di Sulsel.

"Kita berencana melaksanakan festival layang-layang di Pantai Marina Bantaeng pada 2016 nanti. Acara seperti ini sudah pernah kita lakukan namun kami akan berupaya lebih mengoptimalkannya," katanya.

Mengenai rencana ini, dirinya mengaku sebagai upaya Disbudpar Kabupaten Bantaeng dalam menarik para wisatawan untuk berkunjung dan menikmati keindahan pantai Marina. Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk memberikan hiburan bagi masyarakat di daerah itu.

Dari sejumlah program dari Disbudpar Bantaeng pada setiap tahunnya, festival layang-layang ini tentu bisa menjadi salah satu tontonan yang menarik bagi wisatawan baik lokal dan regional. Pihaknya juga akan terus berupaya melahirkan program-program menarik bagi masyarakat.

Terkait penunjukan Pantai Marina sebagai lokasi, juga dikarenakan destinasi andalan Kabupaten Bantaeng itu memang sudah terkenal baik dimasyarakat lokal dan sekitarnya.

Apalagi Pantai Marina juga telah menyediakan berbaga wisata air seperti banana boat, voli pantai, berenang di laut bebas, atau menyewa perahu nelayan untuk berkeliling sepanjang pantai. Kondisi ini tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi peserta.

Sementara itu, Disbudpar Bantaeng juga baru saja mengelar acara Festival Pantai Seruni pada 1-3 Desember 2015. Kegiatan ini lebih semarak karena dimeriahkan pagelaran karnaval budaya dari sejumlah perwakilan kecamatan.

Selain menghadirkan karnaval budaya, Disbudpar Kabupaten Bantaeng juga menyajikan sejumlah tontotan dan acara menarik bagi masyarakat di daerah itu seperti fashion show, lomba cerita rakyat hingga festival dangdut.

Sejumlah pertunjukan ini, kata dia, sukses mengundang ribuan penonton untuk hadir dan menyaksikan acara ini secara langsung. Pihaknya juga berharap dengan kegiatan ini semakin meningkatkan kreatifitas masyarakat.

"Festival Pantai Seruni ini memang sudah menjadi agenda tahunan drai Dispudbar Bantaeng. Untuk tahun ini kita menyiapkan sejumlah pertunjukan menarik untuk meningkatkan kualitas dan kemeriahan festival," ujarnya.

Pewarta : Abd Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024