Makassar (ANTARA Sulsel) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan terus mempercantik sejumlah destinasi wisata yang selama ini menjadi unggulan di daerah itu.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bantaeng, Hartawan Zainuddin saat dihubungi dari Makassar, Jumat, mengatakan telah melengkapi berbagai sarana dan prasarana pada sejumlah objek wisata untuk lebih memanjakan pada pengunjung.

"Kita tentu akan lebih berbenah menghadapi tahun 2016 seperti menyiapkan sarana dan prasarana yang lebih lengkap seperti pengadaan toilet dan gaseba dibeberapa lokasi pariwisata," katanya.

Mengenai destinasi wisata yang merupakan unggulan dari daerah itu memang cukup banyak seperti halnya Permandian Alam Eremerasa, Air Terjun Bissapu, Pantai Seruni, Puncak Muntea atau yang juga dikenal sebagai agrowisata strawberry dan apel, dan Hutan Wisata Loka.

Selanjutnya, obyek wisata Cekdam Balangsikuyu, Pantai Marina serta Gua Batu Ejayya yang juga menawarkan panorama yang indah.

Ia menjelaskan, upaya lebih fokus dalam pengembangan pusat destinasi Bantaeng diharapkan semakin menarik minat para wisatawan untuk berkunjung dan menikmati keindahan yang ditawarkan.

Untuk tahun 2016, menurut dia, pihaknya juga berharap kalangan wisatawan bukan hanya berasal dari masyarakat lokal atau di sekitar Kabupaten Bantaeng seperti Bulukumba, Takalar, Jeneponto dan sebagainya.

"Untuk bisa menarik banyak wisatawan tentu harus didukung sarana dan prasarana yang mendukung termasuk jalan menuju ke lokasi pariwisata. Untuk jalannya sendiri sudah kita lakukan perbaikan dan sudah bisa dilalui dengan nyaman," jelasnya.

Permandian Alam Mata Air Ere Merasa (ERMES) merupakan salah satu destinasi wisata populer di Bantaeng.

Lokasi obyek wisata ini terletak di Desa Kampala, Kecamatan Ere merasa dan berjarak sekitar 16 kilometer dari Kota Bantaeng.

Sementara Air terjun Bisappu yang juga menjadi primadona daerah itu berlokasi di Desa Bonto Salluang, Kecamatan Bissappu yang berjarak sekitar lima kilometer dari Kota Bantaeng.

Untuk bisa sampai ke lokasi dibutuhkan waktu kurang lebih 15 menit perjalanan.

Pantai Seruni yang merupakan ikon wisata Kabupaten Bantaeng itu berada di Kelurahan Tappanjeng, Kecamatan Bantaeng. Letaknya yang berada di dalam kota Bantaeng membuat pengunjung lebih mudah untuk menjangkaunya.

Adapun Puncak Muntea atau pusat agrowisata andalan Bantaeng lokasinya sedikit lebih jauh dari pusat kota karena berada di ketinggian 1216 mdpl. Namun perjalanan kurang lebih 30 menit tidak akan sia-sia karena setiap pengunjung akan ditawarkan pemandangan dan cuaca yang sejuk sepanjang perjalanan.

Destinasi wisata ini juga menawarkan sesuatu yang spesial karena setiap pengunjung bisa merasakan secara langsung memetik buah strawberi dan apel yang segar dari pohonnya.

Pewarta : Abd Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024